Aku Pelajar Indonesia Malu Menggunakan Software Bajakan Karena Sudah Ada Free/Open Source Software(FOSS)

Saat ini kita pasti sudah mengenal yang namanya komputer baik yang dalam bentuk desktop ataupun laptop. Didalam suatu komputer terdapat 2 perangkat yang tidak dapat dipisahkan yaitu hardware dan software. Hardware merupakan perangkat keras yang dapat dilihat dengan mata sedangkan software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat dilihat dengan mata. Kalau kita membeli hardware tanpa adanya software tidak akan berguna sama seperti kalau kita membeli software tanpa hardware.

Pada saat ini software yang paling penting dalam menggunakan computer adalah operating system. Operating system saat ini terdapat banyak pilihan seperti Microsoft Windows, Linux, Machintos, dan lain-lain yang masih belum terlalu popouler. Untuk Microsoft Windows dan Machintos kita harus membeli suatu lisensi untuk menggunakannya sedangkan linux kita dapat memperolehnya dengan gratis(tidak termasuk biaya cd/dvd nya).

Microsoft dibuat oleh Bill Gates, dia merupakan orang terkaya nomor 2 di dunia setelah Warren Buffet dengan asset kekayaannya senilai 58 milyar US dolar. Ini dikarenakan hampir dari 90% penggunakan Komputer didunia menggunakan Microsoft walaupun biaya untuk membeli lisensi nya sangat mahal sekitar $100 sampai $200 bahkan bisa lebih untuk produk microsoft lainya apalagi software yang kita beli hanya dapat digunakan satu kali saja dengan kata lain kalau komputer kita rusak maka kita harus membeli kembali software tersebut. Karena mahalnya lisensi untuk software tersebut maka banyak dari kita yang menggunakan software bajakan yang dibeli di toko cd/dvd komputer. Dengan melakukan hal seperti itu maka kita sudah melakukan tindak pembajakan.

Sebagai alternative kita dapat menggunakan linux sebagai operating system untuk menghindarkan kita dari pembajakan software karena saat ini kalau kita melakukan pembajakan kita harus membayar denda yang besar nya bisa ribuan sampai puluhan ribu dolar Amerika. Tetapi banyak yang mengatakan bahwa kalau menggunakan linux itu susah padahal ini hanya kebiasaan saja, kalau kita sudah terbiasa dengan linux maka sama saja dengan menggunakan windows. Bahkan menurut riset kalau saat kita sekolah memakai windows maka saat kerja kita akan kesusahan menggunakan linux sedangkan kalau kita menggunakan linux saat sekolah maka saat kerja kita akan bisa menggunakan windows. Selain itu bila suatu saat microsoft windows terjadi kelemahan maka kita tidak dapat memperbaikinya karena kalau kita memperbaikinya maka kita sudah mengantikan atau mengubah karya orang selain itu kode-kode dalam microsoft itu rahasia(tidak terlihat) jadi tidak ada yang tahu tentang kode-kode nya selain orang microsoft, selain itu kita harus mengirimkan kelemahan itu untuk diperbaiki microsoft dan waktu untuk perbaikan itu minimal 2 minggu. Sedangkan pada linux kita dapat langsung memperbaiki kelemahan tersebut tanpa meminta izin kepada yang membuatnya karena linux merupakan open source software, walaupun kita tidak dapat memperbaikinya tetapi banyak orang yang mengerti bahasa pemograman pada linux. Selain itu kita dapat membuat disro linux sendiri dan menamainya sesuai keinginan kita kalau kita mengerti caranya.

Selain operating system software yang berguna adalah program office. Microsoft membuat microsoft office tapi jika kita ingin memilikinya kita harus membeli lisesinya juga sedangakan harga lisensinya untuk microsoft office yang paling baru yaitu 2007 sekitar $200 sampai $400. Selain operating system windows, microsoft office banyak yang menggunakan bajakankannya dengan membeli cd seharga 15000 rupiah di toko cd atau kalau yang mau lebih lengkap lagi ada yang dalam bentuk dvd seharga 35000 rupiah, padahal hal tersebut juga merupakan bentuk pelanggaran hak cipta. Untunglah saat ini sudah terdapat open office yang lisensinya gratis. Open office buatan Sun Microsystem inc ini bisa kita download di internet atau dengan kita mengginstall linux sudah terdapat didalamnya. Pada saat ini penulis menggunakan open office karena ada kelebihan-kelebihan yang ada di open office dan tidak ada di microsoft office seperti pada open office writer terdapat fasilitas crop gambar sedangkan di microsoft word tidak ada. Boleh dibilang open office dan microsoft office itu hampir sama. Untuk microsoft word digantikan oleh open office writer, untuk microsoft office excel digantikan oleh open office calc. Untuk microsoft office power point digantikan oleh open office Impress. Untuk versi terbaru open office yaitu open office 2.4 yang sudah terdapat di dalam linux ubuntu 8.04.

Selain itu juga terdapat software untuk mengedit gambar seperti Adobe Photoshop. Kalau kita memeli lisensi untuk software ini sekitar $300 sampai $400 sedangkan bajakannya cukup dengan 15000 rupiah bisa dibayangkan begitu mahalnya software ini. Selain software ini sekarang terdapat GIMP image editor. Fungsinya sama seperti adobe photoshop hanya tampilannya saja yang sedikit berbeda kalau kita sudah terbiasa mungkin penggunaanya akan sama mudahnya dengan menggunakan adobe photoshop. Untuk software GIMP image editor ini sudah terdapat di linux ubuntu 8.04.

Sebenarnya saya selaku penulis sangat merasa malu kepada seluruh orang yang melakukan pelanggaran hak cipta tersebut. Coba kalau karya kita dibajak oleh orang lain dengan membeli cd atau dvd bajakannya, itu akan sangat merugikan kita. Selain itu para pengembang software juga keterlaluaan dalam mematok harga jual produknya apalagi untuk Indonesia yang merupakan negara berkembang bisa kita bayangkan kalau setiap orang yang membeli komputer harus membayar ratusan dollar untuk membeli software, padahal uang dari pembelian software tersebut dapat digunakan untuk mengembangkan Free/Open Source Software (FOSS) atau untuk membantu saudara kita yang masih kekurangan. Untuk itu mari kita menggunakan Free/Open Soure Software dan terbebas dari pelanggaran hak cipta/pembajakan.

4 Responses to “Aku Pelajar Indonesia Malu Menggunakan Software Bajakan Karena Sudah Ada Free/Open Source Software(FOSS)”


  1. 1 donnybu May 25, 2008 at 4:14 am

    postingan artikel ini sudah dibaca oleh saya. semoga sukses…🙂

    -dbu-
    [www.donnybu.com]

  2. 2 Kodok Ngorek June 3, 2008 at 4:30 am

    Ngapain lu malu pake software bajakan. Kalo perlu bajak terus softwarenya orang-2 amerika. Kita gak bakal maju bro kalo kite nurutin mereka, sedikit-2 beli………… sedikit-2 beli………kok belinya cuman sedikit……….

    Bro kalo kita pengin maju, contek dulu apa yang ada, tiru cara jepang bro. Orang Jepang maju karena niru, yang ditiru yang barangnya amerika, karena disanalah sumber pengetahuan………. Cuma pertanyaannya kenapa orang Jepang maju kita tidak? apakah karena orang Jepang lebih pinter dari kita? NO BRO, KITA_2 SAMA-2 TIDAK BODOH BRO.

    Hanya orang Jepang mau berpikir dan nyontek dijadikan budaya kerja dengan catatan TIRUANNYA HARUS LEBIH BAIK DARI YANG DITIRU. Kalo kita bro? Nyontek agar kita jadi lebih baik dari orang lain kan, artinya hanya untuk cari duit saja dengan merugikan orang lain? dan tidak didukung secara nasional….. iya kan?

    Nauh menurutku silakan bajak semua SW untuk memajukan bangsa ini.

    Sebagai gambaran bro, kalo untuk biaya 1 komputer butuh minimal 10jt minimal untuk njalanin komputer, sedangkan komputer harganya cuman 5 jt, how come the computer will operate? n how come kita bisa pinter.
    Kapan sekolah-2 kita bisa make komputer kalo biaya ngidupin komputer aja sekian besar, kapan bangsa ini jadi pinter bro.

    Hayo kita berfikir secara global kebangsaan untuk menuju ke tatanan yang berguna untuk orang banyak. Kalo elo udah kaya sih no problem bro, tapi lihat sekelilingmu bro.

    OK mari kita merenung dan memikirkan sesuatu yang berguna buat bangsa ini, biar gak tambah terpuruk, terutama kelian-2 yang masih muda-2, selamat berjuang bro.

    SALAM

  3. 3 agues May 1, 2009 at 5:32 pm

    klo mnurut gue,, pribadi,,, ngap,, hrus,,, malu,, make,, software,,
    bajakan,,,

    klo beli,, software asli,, uang nya,,, ga cukup,,, sob,,
    hwekekekekeke,,,

    lgian software bajakan ga buruk2 bngt kq,,,
    dn aq mo ksih,, seDikit,,, informasi,,,

    HARGAILAH,,, KARYA,,, ANAK,,, BANGSA,,,

  4. 4 yhguest October 3, 2010 at 7:43 pm

    gua mw ngasih saran nie

    downloadnya pake “Bit torren” aja

    lauw download 5 gb ampe 10 gb and keatas terserah deh !!!

    daripda pake free !!!
    KECEWA !!

    coz !! T R I A L “””” VERSION “””””


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

May 2008
M T W T F S S
« Apr   Sep »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: