Mengapa Mudah Lupa Ya?

Secara alamiah, penurunan daya ingat dimulai pada usia 40 tahun karena pada usia tersebut ada beberapa sel otak sudah mulai mati. Sel otak yang sudah mati tidak akan mengalami regenerasi sehingga menyebabkan seseorang menjadi mudah lupa. Sedangkan bagi mereka yang pelupa di usia muda, penyebabnya mungkin karena kelelahan otak atau stres yang mengakibatkan ingatannya tidak cukup kuat.

Kaum wanita diduga lebih banyak dan lebih mudah untuk menjadi pelupa. Penyebabnya adalah faktor hormon pada wanita yang menyebabkan wanita lebih mudah mengalami stres dibandingkan pria. Stres yang berkepanjangan sebenarnya dapat memicu kelelahan pada otak. Bila hal itu tidak segera diatasi, maka lama-kelamaan fungsi otak akan menurun dan akhirnya menjadi mudah lupa. Bila seseorang juga kurang mengaktifkan kerja otaknya, maka sel-sel yang jarang dirangsang untuk bekerja tersebut akan mengalami kerusakan dan menyebabkan mudah lupa.

Bagaimana caranya agar tidak pikun sebelum waktunya? Sejak usia 20-an tahun, sebaiknya daya ingat kita harus dijaga. Caranya antara lain melalui pola makan yang terjaga karena hal tersebut akan mempengaruhi kekuatan dan tingkat energi tubuh serta dapat mempengaruhi kerja otak. Sel-sel otak kita membutuhkan nutrisi dan oksigen sebagai bahan bakar untuk melancarkan kerja sel otak itu sendiri serta aliran darah yang menuju ke otak. Selain itu, olah raga juga penting untuk membantu daya ingat agar tetap terjaga dengan baik. Dengan olah raga yang teratur, maka aliran darah akan menjadi lancar sehingga suplai zat makanan dan oksigen menuju otak juga akan berjalan dengan baik.

Berikut ini contoh makanan dan minuman yang diketahui dapat membantu otak agar dapat bekerja lebih baik, yaitu:

Kopi
Kafein di dalam kopi diketahui menyerupai senyawa kimia yang terdapat di dalam otak, yaitu adenosin. Senyawa tersebut diduga dapat merespon aktivitas otak.

Buah dan kacang-kacangan
Buah dan kacang-kacangan mengandung sejumlah Boron yang mampu memberikan efek eletrik dalam otak. Kacang-kacangan, brokoli, anggur, apel, dan pir juga sangat bermanfaat bagi otak kita.

Sea food
Makanan yang kaya akan sumber mineral seng ini dapat meningkatkan kemampuan otak dalam menyimpan memori sehingga dapat rnempertahankan daya ingat dan membuat otak lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Makanan yang kaya akan protein
Protein nabati maupun hewani dapat memberikan efek menenangkan pada otak. Protein dapat membantu otak supaya bekerja dengan cepat dalam menerima pesan.

sumber : http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=1036

1 Response to “Mengapa Mudah Lupa Ya?”


  1. 1 szham72 July 11, 2010 at 7:39 pm

    yaa.. memang benar.. seperti saya seawal umur awal dua pulohan, tahap ingatan adalah masih cergas dan cerdas.. kini setelah umur awal tiga puluhan tahap ingatan telah menjadi seperti orang berumur 60-an keatas.. pada mula saya ingat mungkin kerana percampuran atau keadaan sekeliling yang banyak bercampu dengan orang yang telah berumur… yang mana tahap pemikiran meraka yang banyak meliputi masalah-masalah seharian seperti hal-hal keluarga, isu-isu kerja, walhal politik.. malahan masalah dunia…
    tetapi yaa.. benar pemakanan juga memainkan peranan didalam menjaga kesihatan otak untuk cerdas berfikir…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: