Mengapa Cepat Tua?

Semakin bertambahnya usia, penuaan tidak dapat dihindari lagi. Memasuki usia 40 tahun, seseorang akan mengalami tahap penuaan secara nyata.?Mengapa hal itu bisa terjadi? Faktor apa saja yang mempercepat proses penuaan?

Perkembangan di dunia medis kini cukup banyak mengungkapkan tentang teori radikal bebas yang dapat menganggu kesehatan. Radikal bebas diketahui sangat berperan dalam proses terjadinya berbagai penyakit degeneratif seperti arteriosklerosis, gangguan jantung, kanker, dan proses penuaan.

Radikal bebas merupakan molekul yang bersifat tidak stabil, mempunyai satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan di orbital luarnya dan bersifat reaktif dalam mencari pasangan elektron. Jika terbentuk di dalam tubuh, maka akan terjadi reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas baru yang akhirnya jumlahnya akan terus bertambah.

Oksigen yang kita hirup sebenarnya akan diubah oleh sel tubuh menjadi senyawa yang sangat reaktif, dikenal sebagai senyawa reaktif oksigen atau reactive oxygen species (ROS). ROS merupakan?bentuk dari radikal bebas. Ada dua jenis ROS, yakni ROS endogen dan ROS eksogen. ROS endogen berasal dari proses fisiologis, sedangkan ROS eksogen berasal dari luar tubuh, seperti polusi lingkungan (asap kendaraan, industri, dan asap rokok). Radikal bebas bersifat sangat reaktif dan mampu bereaksi dengan karbohidrat, protein, lipid, atau DNA dalam tubuh karena memiliki pasangan elektron bebas di kulit terluarnya.

Radikal bebas dalam kadar tertentu diperlukan untuk pertahanan tubuh, yaitu membantu sel darah putih untuk menghancurkan kuman. Jika radikal bebas jumlahnya berlebihan dan jumlah antioksidan seluler adalah tetap atau lebih sedikit, maka kelebihan radikal bebas ini tidak bisa dinetralkan dan akan berakibat pada kerusakan sel itu sendiri.

Kondisi stres oksidatif yang berakibat pada kerusakan sel dapat menyebabkan terjadinya percepatan proses penuaan dan bisa menimbulkan penyakit jantung, kanker, serta diabetes. Jadi, efek oksidatif radikal bebas lah yang menyebabkan terjadinya penuaan dini.

sumber : http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=1027

1 Response to “Mengapa Cepat Tua?”


  1. 1 infoGue May 27, 2008 at 8:54 am

    artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:

    http://penuaan.infogue.com/mengapa_cepat_tua_

    anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: