Testosteron Yang Berlebih Dapat Merusak Otak

Jantan tapi bodoh, mungkin begitulah gambaran perilaku pria yang memiliki kadar testosteron berlebih di dalam tubuhnya. Sebab para peneliti menemukan bahwa kadar testosteron yang berlebih di dalam tubuh bisa menyebabkan rusaknya sel-sel otak.

Pengujian terhadap sel-sel otak di laboratorium menunjukkan bahwa testosteron dalam kadar yang sedikit adalah baik bagi sel otak. Namun, kadarnya yang terlalu banyak akan menyebabkan sel-sel otak rusak sendiri seperti proses yang terjadi pada otak penderita alzheimer.

Proses kematian sel seperti ini disebut apoptosis atau kematian sel yang terprogram. Jika kondisi seperti ini berlangsung terus-menerus, sel-sel otak tidak memiliki waktu yang cukup untuk memulihkan dirinya sehingga bisa menyebabkan kerusakan yang permanen pada otak.

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa kadar steroid yang tinggi dapat menyebabkan perubahan pada perilaku. Saat kadar steroid di tubuh tinggi, maka kadar testosteron juga tinggi dan hal tersebut dapat merusak sel-sel saraf otak sehingga fungsi otak pun menjadi kacau.

Namun, para peneliti tidak melihat efek yang sama dengan estrogen. Mereka menduga bahwa estrogen bersifat neuroprotektif yang justru melindungi sel-sel otak. Kalaupun tidak, estrogen hanya mempunyai efek merusak yang relatif kecil.

Testosteron merupakan kunci perkembangan, orientasi, dan pertumbuhan sel yang dibutuhkan oleh pria maupun wanita. Meskipun demikian, tubuh pria memproduksi testosteron 20% lebih banyak dibandingkan wanita dan hormon tersebut sering dikaitkan dengan sifat kejantanan seorang pria.

Kadar hormon testosteron di tubuh dapat meningkat dengan penggunaan steroid. Suplemen yang seringkali dianggap sebagai doping dalam dunia olahraga ini akan berubah menjadi testosteron saat berada di dalam tubuh. Oleh karena itu, para peneliti mengingatkan bahwa setiap orang harus berpikir dua kali sebelum mengonsumsi suplemen steroid penambah testosteron, baik sebagai doping maupun untuk mempercepat pembentukan otot.

sumber : http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=1087

0 Responses to “Testosteron Yang Berlebih Dapat Merusak Otak”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: