Kedelai Ganggu Kesuburan Pria

Hati-hati jika Anda (kaum pria) sering mengonsumsi makanan yang berbahan baku kedelai. Pasalnya bahan kimia yang terdapat pada kedelai, tofu, dan kacang polong berpotensi untuk menghancurkan sperma sehingga mengganggu kesuburan pria.

Para peneliti dari King College, Inggris menjelaskan bahwa kedelai mengandung genistein yang efeknya menyerupai hormon estrogen pada wanita. Hasil itu diperoleh dari penelitian pada sperma tikus, yang menjelaskan juga bahwa hal tersebut berakibat yang sama bagi sperma manusia.

Pada tes di laboratorium, ditemukan genistein dalam jumlah yang kecil sudah dapat mematikan sperma manusia. Sperma manusia ternyata lebih responsif terhadap genistein dibandingkan sperma tikus. Selain itu, bila wanita mengonsumsi kedelai atau makanan yang mengandung genistein tinggi, kemungkinan mereka memiliki dampak yang lebih besar dibandingkan pria karena zat kimia tersebut mempengaruhi sperma yang sudah ada di tubuh wanita ketika sperma sedang membuahi sel telur.

Dari hasil penelitian itu, maka dianjurkan bagi penggemar kedelai untuk membatasi konsumsinya beberapa hari selama masa ovulasi. Namun, meskipun selama ini tradisi orang Asia kebanyakan mengonsumsi makanan kedelai, mereka tidak pernah menunjukkan adanya gangguan pada fertilitas.

sumber : http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=942

0 Responses to “Kedelai Ganggu Kesuburan Pria”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: