Waspadai Produk Pemutih Gigi Yang Mengandung Hidrogen Peroksida

Kasus pasta gigi yang mengandung formalin (formaldehyde) sedang marak akhir-akhir ini. Karena formalin, senyawa kimia beracun, diketahui dapat menyebabkan timbulnya penyakit kanker.

Selain kasus formalin, patut untuk diwaspadai pula produk pemutih gigi (tooth whitening) yang mengandung hidrogen peroksida atau H2O2 di atas ambang batas yang diijinkan. Kandungan hidrogen peroksida di atas ambang aman dapat beresiko menyebabkan penyakit pada mulut, gigi yang sensitif dan iritasi pada mulut.

Baru-baru ini Trading Standards Institute (TSI) Inggris memperingatkan kepada para pemakai pemutih gigi terkait hasil temuan mereka yang dirilis pula oleh http://www.cosmeticdesign-europe.com. Hasil temuan TSI menunjukkan bahwa dari 20 sampel produk pemutih gigi yang diteliti, 14 diantaranya mengandung hidrogen peroksida di atas batas aman, yaitu 0.1%.

Kandungan hidrogen peroksida dalam ke-14 produk pemutih gigi tersebut berkisar antara 0.24~23.8% atau antara 2~230 kali di atas batas aman.

3 Responses to “Waspadai Produk Pemutih Gigi Yang Mengandung Hidrogen Peroksida”


  1. 1 Kodok Ngorek June 3, 2008 at 4:18 am

    Lha iya mas itu kan penelitian di Inggris sono yang undang-2 bya ketat dan berwawasan kerakyatan atau konsumen. Lha kalo di negara kita yang kondisinya semrawut gini kaya apa ya.

    Lha mbok kalo anda punya potensi sebagai peneliti independet, lha mbok ya ngeluarin info yang bukan rekomendasi yang disebarkan untuk publik melalui mas media. Ayo kita bikin ribut para produsen atao kerennya para pebisnis kita yang hanya berfikir cari duwit melulu dengan mengabaikan faktor kesehatan jangka menengah dan panjang.

    Kalo kita ngandelin BPOM nya Depkers(?) lha wong punya negara, dan negara kita kan dikuasai pebisnis, jadi kita sudah lihat hasilnya, kasus pencemaran susu, kasus penggunaaan formalin pada produk makanan dlls, ya hewes-2 gak ada bunyine. Iyo to?

    Ayo kita bangkit dengan apa adanya bos, gak usah nunggu duwit, tapi utamakan semangat dan Tuhan bersama kita bro.

    Salam buat semuanya.

    • 2 sri lestari October 30, 2009 at 2:06 pm

      ya…kita selektif ja dalam memilih produk yang akan digunakan…oce bro

      • 3 limoz June 8, 2010 at 9:25 am

        aku cukup tahu apa itu H2O2…. peroxide yg berfungsi sebagai perontok…. besi berkaratpun klo di rendam dalam cairan ini akan rontok tuh karatnya…. sekarang aku dengar2 info H202 di kombinasi dengan asam nitrat (HNO3) sebagai cairan pemutih gigi yg digunkan oleh praktek dokter gigi.. apa gak berbahaya tuh,…???
        pertanyaan saya…. berapa perbandingan kosentrasi H2O2 dan HNO3 itu… terimakasih🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: