Kala Mens Pertama Tiba

Bingung, gelisah, tidak nyaman menyelimuti perasaan Dewi saat ia mendapati dirinya mengalami mens untuk pertama kalinya.

Ia memang sudah pernah mendengar tentang masalah mens ini sebelumnya. Hanya saja pengetahuan itu baru ia dapatkan dari teman-temannya. Orangtuanya sendiri belum pernah membicarakan hal tersebut.

Kegundahan hati Dewi ternyata terlihat oleh mata ibunya, dan ketika ditanya barulah ia mau bercerita. Rupanya selama ini ibunya pun sungkan untuk membicarakan hal tersebut dan menganggap nanti juga ia akan tahu sendiri. Anggapan ini adalah bentuk ketertutupan yang sering terjadi dan sulit dibenarkan.

Menarche
Menstruasi pertama atau menarche adalah hal yang wajar yang pasti dialami oleh setiap wanita normal dan tidak perlu digelisahkan. Bila hal itu tidak terjadi, baru kita perlu gelisah.

Menstruasi adalah tanda bahwa siklus masa subur telah dimulai. Menstruasi terjadi saat lapisan dalam dinding rahim luruh dan keluar dalam bentuk yang dikenal dengan istilah darah menstruasi.

Dalam keadaan normal, setiap bulan seorang wanita yang telah memasuki usia subur akan melepaskan satu sel telur (ovum). Ovum akan dihasilkan dan dilepaskan oleh indung telur (ovarium). Ovum yang dilepaskan tersebut akan berjalan masuk ke dalam rahim melalui saluran telur.

Bila pada saat itu ada sel sperma yang masuk dan bertemu, dapat terjadi pembuahan yang berlanjut menjadi kehamilan. Untuk mempersiapkan kehamilan yang mungkin terjadi, dinding rahim akan menebal. Penebalan yang disebabkan oleh faktor hormonal ini berguna agar rahim siap menerima mudigah yang akan tertanam di sana.

Bila kehamilan tidak terjadi, kadar hormon (yang membuat rahim menebal) akan turun. Akibatnya dinding rahim sebelah dalam akan luruh, dan terjadilah menstruasi.

Usia saat menarche
Ada yang berusia 12 tahun saat ia mendapat mens pertama kali, tapi ada juga yang 8 tahun sudah memulai siklusnya. Bagaimana bila usia 16 tahun baru mendapat mens? Itu pun bisa saja terjadi.

Usia saat seorang anak perempuan mulai mendapat mens sangat bervariasi. Terdapat kecenderungan bahwa saat ini anak mendapat mens yang pertama kali pada usia yang lebih muda.

Tidak teratur?
Mens yang terjadi di saat-saat awal memang cenderung tidak teratur. Pertama kali datang, bulan berikutnya bisa saja menghilang. Hal ini normal. Seiring dengan bertambahnya usia, menstruasi akan datang secara teratur setiap bulannya.

Istilah setiap bulan pun sebenarnya agak rancu. Setiap bulan di sini bukan berarti kalau sekarang tanggal 1 maka bulan depan pun harus tanggal 1. Ada orang yang selalu maju 2 hari. Misalnya bulan lalu tanggal 28, bulan ini tanggal 26. Yang lain malah mundur. Hal ini tergantung dari siklusnya.

Tubuhku kok berubah?
Tidak perlu malu atau cemas. Hal itu justru menunjukkan bahwa kamu sudah beranjak dewasa. Berbagai perubahan itu mempersiapkan dirimu untuk hidup dalam lingkungan dewasa. Kamu kan sudah bukan anak-anak lagi.

Banyak perubahan yang sedang dan akan terjadi pada tubuhmu. Contohnya, kebanyakan wanita akan bertambah berat badannya. Itu wajar. Tubuhmu kini tengah menyimpan lemak untuk mempersiapkan berbagai perubahan baru. Jangan takut gemuk. Pertambahan berat itu memang kamu butuhkan sebagai bagian normal dari perubahan menjadi seorang wanita dewasa.

Jadi, jangan karena takut berat badanmu bertambah lalu kamu melakukan diet ketat pantang makan ya. Alih-alih menguntungkan, diet ketatmu bisa merusak kesehatan.

Siklus menstruasi
Jadi, sekarang kamu sudah tahu kan bahwa menstruasi pertama yang datang hanya merupakan sebuah bagian kecil dari peristiwa besar yang disebut siklus menstruasi.

Saat kamu telah mengalami siklus menstruasi, itu artinya tubuh kamu sudah memiliki hormon yang diperlukan untuk proses reproduksi.? Hormon itu pula yang akan mempengaruhi berbagai perubahan bentuk tubuhmu termasuk perkembangan dari payudara.

Menstruasi pertama memang menandai suatu perubahan besar dalam kehidupan seorang gadis.? Jadi, jangan cemas. Rayakanlah!

sumber : http://www.info-sehat.com/content.php?s_sid=93

0 Responses to “Kala Mens Pertama Tiba”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: