Awas! Vitamin Bisa Jadi Pembunuh

KapanLagi.com – Siapa sangka vitamin yang selalu dianjurkan kala kita sedang tidak fit justru bisa membawa celaka. Pasalnya, sebuah penelitian di Denmark menyebutkan bahwa beberapa vitamin suplemen justru bisa menyebabkan kematian prematur.

Penelitian para ilmuwan Universitas Kopenhagen yang mengkaji 67 hasil studi menyebutkan bahwa tidak ada ‘bukti meyakinkan’ bahwa suplemen anti-oksidan bisa mengurangi resiko kematian.

Para peneliti ini malah menemukan bahwa vitamin A dan E bisa mengurangi pertahanan tubuh yang alami. “Terlebih lagi, beta-karotin, vitamin A dan vitamin E tampaknya meningkatkan mortalitas,” demikian hasil tinjauan kelompok bernama Cochrane Collaboration.

Para peneliti menyeleksi hasil 817 studi mengenai beta-karotin, vitamin A, vitamin C, vitamin E dan selenium, yang menurut mereka paling mencerminkan dampak penggunaan suplemen dalam mengurangi mortalitas.

Suplemen-suplemen ini semula diduga mampu mencegah kerusakan jaringan tubuh akibat hal yang disebut oxidative stress, dengan mengeliminasi molekul “radikal bebas” yang diduga sebagai penyebabnya. Kerusakan jaringan itu selama ini disebut ikut berperan dalam menimbulkan penyakit seperti kanker dan penyakit jantung.

Resiko Naik

Berbagai studi yang dikaji tim Universitas Kopenhagen melibatkan 233.000 ribu orang yang sakit atau sehat tapi minum suplemen agar tidak sakit.

Setelah memperhitungkan berbagai faktor lain, dan menyisihkan 20 studi, para peneliti mengaitkan suplemen vitamin A dengan kenaikan resiko kematian sebesar 16%, beta-karotin menyebabkan kenaikan resiko kematian sebesar 7%, sedangkan vitamin E meningkatkan resiko kematian sebesar 4%.

Vitamin C tampaknya tidak memberi pengaruh apa-apa, sedangkan efek selenium menurut tim peneliti, masih harus dikaji lebih jauh. “Kami tidak menemukan bukti bahwa suplemen anti-oksidan membantu pencegahan primer maupun sekunder,” demikian kesimpulan mereka.

Tidak jelas mengapa suplemen bisa mengakibatkan efek semacam ini. Para peneliti menduga bahwa suplemen ini mengganggu fungsi tubuh, misalnya beta-karotin mengganggu cara tubuh memanfaatkan lemak. (bbc/boo)

0 Responses to “Awas! Vitamin Bisa Jadi Pembunuh”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: