Informasi Diabetes Mellitus / Kencing Manis / Penyakit Gula Darah – Pengertian, Definisi, Pencegahan, Perawatan, Petunjuk, dll

Diabetes melitus adalah suatu penyakit gangguan kesehatan di mana kadar gula dalam darah seseorang menjadi tinggi karena gula dalam darah tidak dapat digunakan oleh tubuh. Diabetes Mellitus / DM dikenal juga dengan sebutan penyakit gula darah atau kencing manis yang mempunyai jumpah penderita yang cukup banyak di Indonesia juga di seluruh dunia.

Pada orang yang sehat karbohidrat dalam makanan yang dimakan akan diubah menjadi glokosa yang akan didistribusikan ke seluruh sel tubuh untuk dijadikan energi dengan bantuan insulin. Pada orang yang menderita kencing manis, glukosa sulit masuk ke dalam sel karena sedikit atau tidak adanya zat insulin dalam tubuh. Akibatnya kadar glukosa dalam darah menjadi tinggi yang nantinya dapat memberikan efek samping yang bersifat negatif atau merugikan.

Kadar gula yang tinggi akan dibuang melalui air seni. Dengan demikian air seni penderita kencing manis akan mengandung gula sehingga sering dilebung atau dikerubuti semut. Selanjutnya orang tersebut akan kekurangan energi / tenaga, mudah lelah, lemas, mudah haus dan lapar, sering kesemutan, sering buang air kecil, gatal-gatal, dan sebagainya. Kandungan atau kadar gula penderita diabetes saat puasa adalah lebih dari 126 mg/dl dan saat tidak puasa atau normal lebih dari 200 mg/dl. Pada orang normal kadar gulanya berkisar 60-120 mg/dl.

Penyakit yang akan ditimbulkan oleh penyakit gula darah ini adalah gangguan penglihatan mata, katarak, penyakit jantung, sakit ginjal, impotensi seksual, luka sulit sembuh dan membusuk / gangren, infeksi paru-paru, gangguan pembuluh darah, stroke dan sebagainya. Tidak jarang bagi penderita yang parah bisa amputasi anggota tubuh karena pembusukan. Oleh sebab itu sangat dianjurkan melakukan perawatan yang serius bagi penderita serta melaksanakan / menjalani gaya hidup yang sehat dan baik bagi yang masih sehat maupun yang sudah sakit.

Terdapat dua tipe diabetes mellitus, DM tipe 1 adalah di mana tubuh kekurangan hormon insulin atau istilahnya Insulin Dependent Diabetes Mellitus (IDDM) dan DM tipe 2 di mana hormon insulin dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan semestinya atau istilahnya Non-Insulin Dependent Diabetes Mellitus (NIDDM).

Diabetes bukan 100% penyakit turunan. Diabetes melistus bisa disebakan riwayat keturunan maupun disebabkan oleh gaya hidup yang buruk. Setiap orang bisa terkena penyakit kencing manis baik tua maupun muda. Waspada bagi anda yang memiliki orang tua yang merupakan pengidap diabetes, karena anda akan juga memiliki bakat gula darah jika tidak menjalankan gaya hidup yang baik.

Resiko terkena diabetes dapat dikurangi dengan mengatur pola makan yang sehat, rajin olahraga, tidur yang cukup, menghindari rokok mirasantika dan lain sebagainya. Bagi anda yang sudah terkena diabetes sebaiknya berolahraga setiap pagi, makan makanan yang bergizi rendah karbohidrat dan lemak namun tinggi protein, vitamin dan mineral. Perbanyak makan sayuran dan makanan berserat tinggi lainnya. Rajin-rajin memeriksakan kandungan gula darah anda dan menginjeksi insulin ke dalam tubuh dan minum obat jika diperlukan sesuai petunjuk dokter secara teratur. Dengan begitu anda dapat menghindar dari resiko efek yang lebih parah.

sumber : http://organisasi.org/informasi_diabetes_mellitus_kencing_manis_penyakit_gula_darah_pengertian_definisi_pencegahan_perawatan_petunjuk_dll

7 Responses to “Informasi Diabetes Mellitus / Kencing Manis / Penyakit Gula Darah – Pengertian, Definisi, Pencegahan, Perawatan, Petunjuk, dll”


  1. 1 ruslandiabetes August 23, 2008 at 11:22 am

    Blog bagus mas, saya suka cari blog ttg diabetes.
    Tulis terus… mari perang melawan diabetes.

    http://informasidiabetes.blogspot

    Salam

  2. 2 coco February 25, 2009 at 2:12 am

    mas,pernah denger temulawak??? itu juga salah satu obat tradisional yang bisa juga dipakai untuk terapi mengobati penyakit gula..
    besok kalo blog saya yang asli artikel karangan saya dah jadi kita sering diskusi ya mas…

  3. 3 tri ayuning lestari May 12, 2009 at 11:51 am

    mas gni loh mas q tuh pengenya nyembuhin minimal mengibati penyakit diabetes ibu aku karena qtyuh kasihan bgt sma ibu q,,,

    • 4 wdodo April 23, 2010 at 10:04 am

      gini ya mbk soal mengobati atau menyembuhkan itu bsa saja tapi kalau DM ini adal penyakit yg bertahan lama smpai ahir hidup yang hanaya bisa qt mensetabilkan saja,,,, contohnya menghindari makanan yang tinggi kalori terlalu banyak spt nasi gula roti dll,,
      n menjaga kesetabilan tubuh dengan giat berolahraga.

  4. 5 umar December 1, 2009 at 12:02 pm

    Salam kenal … berbagi informasi untuk penyakit DIABETES : Bagi penderita diabtes ada obat alami dari tumbuhan SARANG SEMUT yg telah diteliti LIPI ternyata sangat efektif untuk menyembuhkan Diabetes, lihat foto sarang semut di FACEBOOK dng alamat umarpapua@yahoo.com semoga informasi ini dapat bermanfaat amin.

  5. 6 manap jarkasi June 8, 2010 at 8:52 am

    mohon bantuan untuk beri tahu bagaimana dapat cegah tanpa sebarang ubat.

  6. 7 Tulus Pasaribu June 17, 2010 at 3:53 pm

    sy akhir2 ini gatal2 di bagian punggung, tangan dan sebagain kaki apakah ini tanda-tanda gejala gula darah yang tinggi atau tidak?


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: