Benarkah ARA-DHA pada Susu Formula Bayi Bisa Meningkatkan Kecerdasan?

“Waduh harga susu mahal banget sihhh, budgetku bengkak untuk beli susu nih…, susu anakku mahal gilee…, banyak komentar seperti ini terlontar dari teman-temanku sesama ibu-ibu yang merasa perlu memberikan asupan gizi terbaik untuk buah hatinya.

Penyelidikan yang lebih mendalam (cie, bahasanya bergaya novel detektif hehehe) mengungkapkan bahwa para ibu membelikan si buah hati susu formula A, atau susu formula B karena tergiur iklan televisi yang menyebutkan bahwa produk tersebut mengandung zat-zat tambahan yang diklaim bisa meningkatkan kecerdasan (bahkan kecerdasan emosional) si anak.

Tapi…., benarkah susu formula dan zat-zat tambahannya itu memang diperlukan oleh anak-anak kita? Sebenarnya susu apa yang terbaik untuk diberikan pada bayi?

Makanan terbaik untuk bayi… ya sudah pasti ASI, karena selain memberikan semua unsur gizi yang dibutuhkan, ASI mengandung komponen yang sangat spesifik, dan telah disiapkan untuk memenuhi kebutuhan dan perkembangan bayi. ASI mengandung antibodi yang merupakan perlindungan alami bagi bayi baru lahir, ASI juga diduga dapat meningkatkan IQ anak, serta mengandung enzim penyerapan lipase (yang sampai saat ini belum bisa ditiru oleh susu formula, karena enzim ini rusak karena pemanasan).

Pemberian ASI juga berperan penting dalam hal perkembangan Emotional Quatient (EQ) anak. Kedekatan dengan ibu ketika mendapatkan ASI, membuat anak merasa aman dan disayang, sehingga akan berpengaruh terhadap perkembangan emosi anak.

Kalau ASI sudah sedemikian lengkap, sebenarnya masih perlukah susu formula bayi?

Menurut WHO, 98% wanita mempunyai kemampuan fisiologis untuk menyusui, yang berarti hanya 2% wanita yang tidak mampu menyusui karena alasan fisiologis. Bayi-bayi yang tidak mendapatkan ASI karena berbagai sebab dan pertimbangan, perlu pemberian susu formula bayi (artinya pemberian susu formula kepada bayi hanya dilakukan bila memang benar-benar dibutuhkan). Keadaan ini membuat produsen memproduksi susu formula, yang dalam perjalanannya malah dijadikan makanan utama untuk bayi bukan hanya oleh ibu yang tidak mampu menyusui, tetapi juga oleh ibu yang belum menyadari keunggulan ASI.

Karena ASI adalah makanan terbaik untuk bayi, maka berbagai penelitian tentang ASI dilakukan guna meningkatkan kualitas susu formula bayi. Produsen menambahkan berbagai komponen agar susu formula bayi dapat menyamai kualitas ASI. Namun demikian ASI tidak akan pernah bisa digantikan oleh susu formula bayi karena masih banyak kandungan ASI yang sampai saat ini belum diketahui

Selain penambahan vitamin (A, D, E, K, B1, B2,B6, B12, C), mineral (kalsium, fosfor, magnesium,dll), dan zat gizi lain seperti asam linoleat, kolin, asam folat, asam pantetonat, nikotinamid dan biotin, sering pula ditambahkan ARA (arachidonic acid) dan DHA (docosahexonic acid) pada susu formula, walaupun sampai sejauh ini belum cukup bukti ilmiah yang menjamin bahwa penambahan kedua komponen tersebut bermanfaat bagi bayi.

Beberapa studi menunjukkan beberapa manfaat yang diperoleh dari suplementasi nukleotida, di antaranya perbaikan pertumbuhan selama masa tumbuh kembang pada bayi dengan berat badan lahir yang kurang, berkurangnya kejadian diare, perbaikan fungsi imunologi pada komponen darah bayi dengan respon antibodi yang lebih besar terhadap imunisasi dipteri dan imunisasi influenza, serta perubahan metabolisme lipid. Meskipun demikian, untuk bayi yang lahir normal dengan berat badan normal, belum ada bukti adanya manfaat suplementasi pada formula bayi.

Sedangkan penambahan lutein belum diketahui manfaatnya untuk apa karena menurut peraturan internasional, lutein belum termasuk dalam kelompok vitamin atau sebagai zat gizi lain.

Jadi……. masihkah kita memaksakan diri untuk membeli susu formula dengan berbagai zat tambahan yang harganya cukup mahal, ataukah kita akan memberikan makanan yang telah didesain dengan sempurna oleh Sang Pencipta dan diberikan gratis untuk kebutuhan buah hati kita?

0 Responses to “Benarkah ARA-DHA pada Susu Formula Bayi Bisa Meningkatkan Kecerdasan?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: