Tips Memerangi Stres

STRES sebuah kata yang sangat akrab di telinga dan sangat populer melebihi ketenaran nama seorang selebriti ngetop, saat ini di jaman yang serba instan stres menjadi cikal bakal dari sebuah keadaan yang sangat menakutkan untuk perkembangan fisik maupun mental dari seseorang, selain menguras tenaga juga melemahkan sistem kekebalan tubuh. Dampak destruktifnya antara lain adalah kecapekan, ketidakbahagiaan, ketidaksabaran dan kemarahan. Karena itu, stres harus sesegera mungkin ditaklukkan.

Pada dasarnya, ada 2 (dua) metode yang digunakan untuk mengatasi/menghilangkan stres.Pertama adalah dengan obat-obatan dan yang kedua dengan metode meditasi (melatih, merawat dan membina pikiran). Dari kedua metode ini, yang pertama (melalui obat-obatan) hanya bersifat sementara saja yaitu menangani gejala yang timbul dan tidak menghilangkan penyebabnya. Sedangkan yang kedua menghilangkan penyebabnya.

Karena faktor utama timbulnya stres adalah pikiran yang tidak terkontrol dengan baik. Melalui pelaksanaan meditasi, pikiran yang kacau/kusut akan difokuskan pada suatu objek. Pikiran yang telah terfokuskan pada suatu objek akan mudah dikontrol dan diarahkan. Setelah itu, dicari solusi bijaksana untuk menangani pokok permasalahan yang timbul.

Saat merasa Stres:

1. Hentikan kerja untuk sesaat dan jalan-jalan dengan santai. Tujuannya, tiada lain adalah:

a. Menghindari hasil kerja yang tidak optimal.
b. Menghindari kegagalan kerja.
c. Mengurangi tekanan stres.
Setelah pikiran mulai santai dan relaks, pekerjaan sudah bisa dilanjutkan.

2. Minum air segar/juice kesukaan. Tujuannya adalah tubuh menjadi segar dan otomatis pula akan menyegarkan pikiran.

3. Bernapas perlahan-lahan. Tujuannya adalah untuk menormalkan “beat” atau detak jantung yang tidak beraturan.

4. Untuk mengatasi nafsu makan, makan makanan kesukaan. Tujuannya adalah agar stamina senantiasa terjaga dengan baik. Stamina yang fit akan berdampak langsung pada kestabilan pikiran.

5. Jika suka musik atau nonton film, bunyikan musik dan pergi nonton film kesukaan. Tujuannya adalah agar terjadi relaksasi pada pikiran sehingga tekanan stres terkikis sedikit demi sedikit.

6. Lakukan apa yang disukai. Tujuannya adalah agar pikiran menjadi segar sehingga tekanan stres sirna perlahan-lahan.

7. Cari hal-hal yang sifatnya humor, lucu atau jenaka. Tujuannya adalah agar pikiran menjadi relaks dan santai sehingga pikiran bisa terfokuskan dengan baik.

8. Berkata kepada diri sendiri:
a. Saya tenang.
b. Saya santai dan bahagia.
c. Saya punya kekuatan untuk mengatasi semua pemasalahan.
d. Tubuh, pikiran dan perasaan saya tenang.
Tujuannya adalah agar kepercayaan diri meningkat dan semua permasalahan akan semakin mudah ditangani.

9. Lakukan olahraga ringan. Tujuannya adalah agar jasmani menjadi segar dan santai sehingga berdampak konstruktif bagi pikiran.

Agar bebas dari stres, kuncinya adalah terima apa adanya, jangan banyak menuntut dan mudah dilayani. Selalu renungkan bahwa apapun yang dimiliki, semuanya adalah pinjaman semata-mata. Setelah kematian datang menjemput, tidak satupun yang bisa dibawa. Di samping itu milikilah rasa puas atas apa yang telah dimiliki dan jangan sekali-kali membanding-bandingkan diri sendiri dengan kelebihan orang lain. Semoga bermanfaat..

Sumber: Dari Berbagai Sumber

0 Responses to “Tips Memerangi Stres”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,183 hits

%d bloggers like this: