Vitamin D Memperlambat Perkembangan Kanker Payudara

Ini mungkin kabar baik bagi para wanita pengidap kanker payudara. Sebuah studi terbatas terhadap sejumlah wanita payudara menemukan bahwa pasien kanker payudara tahap dini memiliki vitamin D lebih banyak ketimbang yang pasien yang lebih parah. Studi itu dipublikasikan dan dikutip kantor berita Reuters (http://today.reuters.com/news/ar…), 17 Oktober 2006.

“Jumlah vitamin D pada tubuh pengidap kanker parah lebih sedikit ketimbang pasien yang terkena kanker tahap dini,” kata Dr Carlo Palmieri dari Imperial College London. “Hal itu mengindikasikan bahwa vitamin D sangat berperan dalam perkembangan kanker payudara.

Para peneliti mengukur jumlah vitamin D dalam contoh darah 279 wanita pengidap kanker payudara. Pada 204 wanita, kanker masih pada tahap awal, pada 75 wanita lainnya, kanker memasuki stadium lebih tinggi.

“Kami mengetahui dari penelitian sebelumnya bahwa angka penderita kanker payudara sangat tinggi di kalangan wanita yang tinggal di dataran tinggi dan sedikit terkena sinar matahari,” kata Palmieri.

Vitamin D, yang sering juga disebut sebagai vitamin sinar matahari, ditemukan pada produk susu dan susu bubuk kering, minyak hati ikan, dan beberapa ikan berlemak lainnya.

Tubuh manusia memproduksi vitamin D di jaringan kulit ketika terkena matahari. Uji laboratorium juga menunjukkan bahwa vitamin D dapat menghentikan proses pembelahan sel kanker.

Riset Palmieri itu sangat penting bagi upaya melawan kanker payudara. Dewasa ini, kasus kanker payudara di seluruh mencapai lebih dari satu juta kasus setiap tahun – menurut International Agency for Research on Cancer (IARC) di Lyon, Prancis. Makin awal penyakit ini dideteksi dan diobati, kian besar pula peluangnya disembuhkan.

Kendati para ilmuwan belum tahu apakah rendahnya jumlah vitamin D menyebabkan atau menimbulkan konsekuensi pada kanker, penemuan mereka dan hasil studi lain yang mengindikasikan bahwa rendahnya vitamin D berkaitan dengan perkembangan kanker payudara tahap dini itu perlu dikembangkan lebih jauh.

0 Responses to “Vitamin D Memperlambat Perkembangan Kanker Payudara”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: