Stres dan Resiko Penyakit Jantung Koroner

Stres dianggap sebagai faktor yang cukup dominan sebagai salah satu faktor resiko penyakit jantung koroner. Stres sendiri memang ada yang positif dan ada juga yang negatif. Stres yang positif berdampak baik, seperti rasa ingin maju cita-cita adalah salah satu stres positif. Stres negatif seperti merasa sakit hati yang sangat berlebihan, bila tidak dikelola dengan baik akan menyebabkan dampak yang sangat merugikan dan sayangnya sangat sedikit orang yang menyadari bahwa ia telah terkena stres negatif.

Bila tingkat stres sudah sangat tinggi dan mencemaskan maka akan sangat membahayakan kesehatan ,apalagi bila usia sudah diatas 40 tahun, usia semua faktor resiko sangat meningkat. Menurut penelitian para ahli kesehatan, stres dapat memicu semburan adrenalin dan zat katekolamin yang tinggi yang dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah jantung serta peningkatan denyut jantung, sehingga dapat menyebabkan terganggunya suplai darah ke jantung.

Orang yang sering mengalami stres negatif sangat erat kaitannya dengan tipe kepribadian yang bersangkutan. Orang dengan tipe kepribadian tipe A memiliki kecenderungan mudah terkena penyakit jantung. Digambarkan bahwa kepribadian tipe A memiliki ciri yang menonjol yaitu sangat mementingkan waktu seperti jadwal janji dan batas waktu. Juga sangat berkeinginan kuat untuk selalu menang pada setiap kompetisi atau persaingan, sangat agresif, lekas marah juga bermusuhan. Sifat kedua terakhirlah yang banyak memicu timbulnya penyakit jantung koroner.

Upaya mengatasi STRES bisa diawali dengan cara memilah-milah stres itu sendiri, kemudian mengkajinya satu per satu stres tersebut. Menekuni hobi, olahraga dan meditasi sangat membantu untuk mengurangi stres. Mereka yang memiliki hobi akan dapat cepat merasa puas akan hasil karyanya dan akhirnya membuatnya RILEKS….yach.!

Sumber : afromedicine/MQ/nusaindah, disarikan M.Yunus (Inspirasi Indonesia)

1 Response to “Stres dan Resiko Penyakit Jantung Koroner”


  1. 1 yakhanu February 20, 2009 at 9:04 pm

    biar gak stress besok jangan lupa 31 “lanjutkan”
    hehehe🙂


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: