Otak Kanan, “Raksasa Tidur” yang Diabaikan

Dalam diri Anda, terdapat raksasa yang sedang tidur. Pernahkah Anda mendengar ungkapan seperti itu? Maksudnya, setiap orang sebetulnya memiliki potensi yang amat besar untuk maju. Tapi, karena satu dan lain hal, potensi itu hanya dibiarkan menganggur dan tidak diberdayakan.

Contoh yang paling nyata adalah otak kita. Para ahli mengatakan, kita sebenarnya hanya menggunakan sekitar 3-5 persen dari seluruh kemampuan otak. Mengapa begitu? Karena, kita terbiasa menggunakan otak dalam keadaan sadar, serta menekankan pada cara berpikir logis dan sistematis, yang merupakan bagian dari aktivitas otak kiri.

Padahal, sebagian besar kemampuan otak itu justru terkunci di dalam pikiran bawah sadar, yang merupakan bagian dari otak kanan. Jika “raksasa tidur” di otak kanan itu bisa diaktifkan, bukan mustahil orang bersangkutan dapat melahirkan prestasi-prestasi yang menakjubkan!

Penjelasannya begini. Otak manusia terdiri dari otak kiri dan otak kanan, yang memiliki fungsi berbeda. Otak kiri mengendalikan pikiran sadar. Ia berfungsi untuk membaca, berhitung, menghafal, membuat rangkuman, menganalisis, membuat penalaran, berdiskusi dan memutuskan.

Sedangkan otak kanan mengendalikan pikiran bawah sadar. Ia berfungsi untuk mendengarkan musik, menyanyi, menggambar, membuat paduan warna yang menarik, menciptakan aneka simbol baru, bermain, berolahraga, belajar kelompok, teka-teki, humor, lelucon dan kreativitas.

Pasalnya, sistem pendidikan kita terlalu menekankan pada aktivitas otak kiri, dan kurang mengembangkan otak kanan, sehingga tidak seimbang. Padahal kedua belahan otak ini sama penting, sama-sama dibutuhkan, dan bersifat saling melengkapi. Lantas, bagaimana mendayagunakan potensi otak kanan ini?

Sebetulnya, ada berbagai metode yang berusaha membangkitkan potensi bawah sadar, agar semua potensi otak bisa diberdayakan. Salah satunya, adalah Metode Silva, yang ditemukan oleh Jose Silva. Silva adalah cerita sukses dari Amerika. Lahir dari sebuah keluarga miskin di pinggiran kota Texas-Meksiko, sejak usia 4 tahun ia sudah menunjukkan bakat cemerlang.

Tanpa pendidikan formal, modal, pembimbing, dan dukungan orang lain, Silva hanya mengikuti petunjuk dari kecerdasannya yang tinggi, untuk menjadi pengusaha yang sukses. Tahun 1944, ia mulai meneliti pikiran dan kemampuan manusia.

Dan pada 1966, ia melakukan pelatihan pikiran yang pertama di dunia. Metodenya tersebar di Amerika dan lebih dari 100 negara lainnya. Silva menunjukkan, betapa besar potensi bawah sadar manusia.Ada empat tingkatan aktivitas otak manusia: delta, theta, alpha, dan beta.

Tiap tingkatan itu mewakili aktivitas pulsa listrik di otak kita, dalam hitungan gelombang per detik. Pada keadaan tidur ayam, atau tanpa kesadaran, pusat pikiran berfungsi di tahap delta, yaitu frekuensi paling rendah. Lalu pelan-pelan meningkat melalui tahap theta dan alpha. Beta adalah kondisi sadar.

Ternyata pusat pikiran manusia dan kecerdasannya berfungsi pada tingkat-tingkat dimensi alpha, theta, dan delta, dan pada tingkatan ini mempunyai potensi tinggi dan luar biasa untuk menyelesaikan masalah-masalah.

Pelatihan Metode Silva dapat memberi sejumlah manfaat. Seperti: belajar relaksasi, merasakan ketenteraman; mengendalikan perilaku; mengembangkan kesadaran; penyembuhan diri sendiri dan orang lain; dan mengembangkan kepekaan.

Serta banyak potensi lain yang masih bisa digali! Bagi karyawan, yang tiap hari menghadapi masalah dan tantangan dalam pekerjaan, pemahaman tentang potensi otak kanan dan kekuatan bawah sadar ini tentu sangat penting. Bila ia dapat mendayagunakan potensi otaknya secara utuh dan seimbang, selain menguntungkan perusahaan, hal ini tentu berguna bagi pribadi karyawan itu sendiri!

0 Responses to “Otak Kanan, “Raksasa Tidur” yang Diabaikan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: