Merokok Di Mobil Membahayakan Penumpang

Pemerintah seharusnya membuat larangan merokok saat mengendarai mobil terutama bila anak kecil berada didalamnya. Kondisi tersebut memperparah rusaknya paru-paru, terutama pada anak, dikatakan para ahli kesehatan.

Welling School of Medicine melaporkan hasil temuannya bahwa mengendarai mobil dengan merokok sama halnya dengan duduk di bar yang penuh asap rokok, jika jendela mobil dalam keadaan terbuka.

Sedangkan jika jendela mobil tertutup, polusi yang akan terjadi meningkat sebanyak dua kali lipat lebih buruk jika dibandingkan dengan duduk di bar dengan dipenuhi asap rokok, para ahli menyebutkan.

Dalam penelitian tersebut dilakukan penilaian jumlah partikel yang ada di mobil saat penumpang duduk didepan dengan dipenuhi asap rokok.

Partikel tersebut dapat dengan mudah masuk kedalam tubuh, dan berakibat buruk terhadap kesehatan.

Ahli kesehatan masyarakat, Richard Edwards mengatakan kabut asap yang terdapat di lingkungan memiliki kadar partikel antara 35-40 mikrogram per meter kubik. Di dalam mobil dimana seseorang merokok dengan jendela terbuka kadar partikelnya sekitar 199 mikrogram per meter kubik. Sedangkan bila jendela mobil dalam keadaan tertutup, jumlah pertikel yang ada sebanyak 2926 mikrogram per meter kubik.

Beberapa bukti menunjukkan bahwa perokok pasif khususnya anak-anak dapat mengalami gangguan respirasi yang selanjutnya akan menularkan penyakit tersebut ke lingkungannya.

Penelitian lain juga dilakukan di School of Medicine bulan lalu, dimana dilakukan pemantauan terhadap 16.000 mobil di Wellington selama periode 2 minggu.

Hasil yang ditemukan adalah dijumpai sebanyak 4% pengendara mobil yang merokok, dan seperempat dari mereka adalah para pekerja (karyawan)

sumber: Milis CitaCinta

0 Responses to “Merokok Di Mobil Membahayakan Penumpang”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,183 hits

%d bloggers like this: