Kanker Serviks incar pelaku seks usia dini

newsimage16.jpeg

Bagi masyarakat pedesaan di Indonesia, memiliki seorang anak gadis berusia 17 tahun yang masih berstatus lajang, sering menimbulkan berbagai pendapat tradisi bernuansa negatif. Bahkan, ada masyarakat pedesaan di Indonesia atau negara ketiga lain, khususnya yang belum tersentuh industrialisasi menilai masih lajangnya anak gadis sebuah keluarga lantaran sebuah karma. Karena itu, pihak keluarga gadis mengalami sebuah sangsi sosial yang hilang dengan sendirinya saat anak gadis keluarga tersebut dipinang seorang pria, apalagi naik ke pelaminan.

Ironis memang. Sehingga masyarakat dipaksa untuk menghargai tradisi yang menentang panjangnya masa lajang seorang gadis. Karena itu, sering terjadi sebuah keluarga mengambil sebuah keputusan yang sangat beresik untuk masa depan anak gadisnya. Mereka mengawinkan anak gadisnya, setelah mendapat haid pertamanya, usia sekitar 12 tahun.

Bagi citra keluarga, keputusan mengawinkan anak gadis pada usia 12 tahun itu memang berhasil melepaskan mereka dari sangsi sosial tradisi. Padahal keputusan tersebut berpeluang untuk memberi hadiah pada anak gadisnya penyakit “kanker mulut rahim”, yang sangat ditakuti para kaum wanita. Pasalnya penyakit yang menyerang pintu masuk sperma dalam proses pembuahan sel telur itu telah dituding WHO (Badan Kesehatan Dunia) sebagai pembunuh nomor satu bagi kaum wanita.

Kok bisa demikian. Dalam ilmu kesehatan, seorang gadis pada rentang usia 12 hingga 17 tahun merupakan masa-masa aktif terjadinya perubahan sel dalam mulut rahim. Dalam masa sel tersebut membelah secara aktif (metaplasi) idealnya tidak terjadi kontaks atau bentuk rangsangan apapun dari luar. Ini termasuk injus (masuknya) benda asing dalam tubuh perempuan, yaitu saat si gadis bercinta dengan suaminya.

Seandainya ada benda asing (Mr. P), menurut dr. Eddy Herman — staf kesehatan di Poliklinik Polwiltabes Surabaya dan Polda Jatim –, yang masuk ke dalam Mrs. V si gadis dan memuntahkan sperma, maka luberan “sel pembuah Mr. P” itu akan mengakibatkan perkembangan sel dalam mulut rahim wanita pra 17 tahun itu menjadi abnormal. Resiko makin berlipat jika diikuti terjadinya luka yang mengakibatkan infeksi dalam rahim.

Dengan terjadinya perkembangan sel yang abnormal dalam mulut rahim itu, maka peluang untuk terjadinya kanker mulut rahim (serviks) sangat besar. Kanker serviks tersebut akan menyerang alat kandungan perempuan, berawal dari mulut rahim dan berisiko menyebar ke vagina hingga keluar di permukaan. “Kanker serviks juga berisiko menyebar ke organ lain di dalam tubuh, seperti uterus, ovarium, tuba fallopi, ginjal, paru-paru, lever, tulang hingga otak,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya.

Saat mencapai stadium lanjut dan menyebar ke organ tubuh lain, maka kanker serviks akan mengakibatkan kematian. “Penderita stadium lanjut umumnya harus mengangkat organ alat kandungan, sehingga kemungkinan mempunyai keturunan menjadi hilang,” ujarnya.

Di dunia, dikatakan, saat ini terdapat sekitar 100 jenis strain virus penyebab kanker serviks, yaitu virus HPV (Human Papilloma Virus). Strain terganas adalah tipe 16 dan 18. Dan, gejala umum terjangkitnya kanker serviks ini, penderita akan mengalami keputihan yang berbau, berulang-ulang, dan gatal-gatal. Keputihan ini akan disertai pendarahan di bagian kemaluan saat tidak sedang haid.

Karena itu, Eddy Herman yang juga dokter KTI Jatim ini, menyarankan hendaknya para wanita menikah di atas usia 17 tahun. Ini sesuai dengan peraturan pernikahan yang diatur oleh Pemerintah Indonesia. “Lebih penting lagi, para wanita menerapkan perilaku seksual yang sehat. Hindari kehidupan free-sex dan gonta-ganti pasangan,” ujarnya.

0 Responses to “Kanker Serviks incar pelaku seks usia dini”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: