Cola Bikin Tulang Wanita Keropos

Beberapa teman perempuan saya, mungkin Anda juga, senang sekali minuman mengandung cola. Setiap kali ke restoran, mereka kerap memesan minuman cola. Saya lebih suka air putih dan menghindari minuman cola karena katanya cola itu tidak baik untuk kesehatan.

Alasan saya ternyata ada benarnya. Saya baca baru-baru ini tim peneliti dari Jean Mayer USDA Human Nutrition Research Center on Aging, Tuft University, menyimpulkan cola berakibat buruk bagi kesehatan tulang kaum Hawa. Hasil studi ini dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition edisi terbaru.

Profesor Katherin Tucker yang memimpin riset itu menyebutkan bagi perempuan, minuman cola berkaitan erat dengan kepadatan mineral pada tulang yang rendah.

Menurut Tucker, perempuan yang minum cola setiap hari akan mempunyai kepadatan tulang lebih rendah dibandingkan dengan perempuan yang meneguknya hanya seminggu sekali. “Jika Anda khawatir terhadap serangan osteoporosis, alangkah baiknya bila beralih ke minuman lain atau membatasi konsumsi cola,” kata Tucker.

Menurut National Osteoporosis Foundation, saat ini sekitar 55 persen orang Amerika, khususnya perempuan, berisiko terkena serangan osteoporosis.

Dalam studinya, tim Tucker mengumpulkan data lebih dari 2.500 partisipan yang berusia menjelang 60 tahun. Para peneliti menelisik kepadatan mineral tulang dalam tiga sisi pinggul, demikian juga tulang belakang.

Mereka menemukan perempuan yang mengkonsumsi cola, tulang pinggul di tiga sisinya mempunyai kepadatan mineral yang rendah. Studi ini mengabaikan faktor usia, menopause, total asupan kalsium dan vitamin D, kebiasaan merokok, serta konsumsi minuman beralkohol. Para peneliti juga melaporkan, para wanita rata-rata meneguk lima kaleng minuman bersoda setiap minggu, empat di antaranya cola.

Dari ribuan partisipan tersebut, Tucker dan kawan-kawan mencatat kepadatan tulang para penggemar cola lebih rendah hampir 4 persen dibandingkan dengan perempuan yang tidak minum cola. “Persentase itu cukup signifikan jika Anda bicara soal kepadatan pada skeleton,” ujar Tucker.

Namun, kecenderungan serupa tidak terjadi pada pria peminum cola. Mereka tergolong tidak terganggu kepadatan tulangnya oleh konsumsi minuman bersoda tersebut. Tucker menjelaskan efek cola terhadap kepadatan tulang pada wanita sama halnya dengan kafein.

“Kafein dikenal memiliki kaitan erat dengan risiko kepadatan mineral tulang yang rendah. Namun, masalahnya, kami juga menemukan dampak serupa pada cola tanpa kafein,” paparnya.

Tucker menyebutkan ada penjelasan lain yang mengaitkan keroposnya tulang dengan cola. “Ada kandungan asam fosforik pada cola yang bertindak seperti lintah yang menyedot persediaan kalsium pada tulang untuk menetralisasi asam,” katanya. Asam fosforik akan menciptakan kondisi asam pada darah.

Dr Mone Zaidi, Direktur Mount Sinai Bone Program pada Mount Sinai School of Medicine, New York City, menyarankan kaum wanita sebaiknya mengurangi konsumsi cola sekaligus membatasi minuman berkafein. “Kafein melakukan intervensi penyerapan kalsium, sehingga memicu formasi tulang yang kurang baik,” kata Zaidi.

Yang menarik dari studi ini, menurut Zaidi, ternyata sebagian besar perempuan muda tidak mendapat asupan kalsium dari sumber lain. Padahal mereka juga mengkonsumsi minuman bersoda sedikitnya empat kaleng per minggu. Bisa dibayangkan!

Karena itulah, Dr Peter Stott, anggota dewan penasihat keilmuan NOS, menyebutkan para perempuan muda seharusnya mulai berpikir untuk melindungi diri dengan melahap sajian sehat dan melakukan latihan kebugaran. Ikuti pula langkah-langkah untuk mencegah tulang keropos, seperti mengkonsumsi makanan kaya kalsium, melakukan latihan angkat berat secara reguler, berhenti merokok, dan mengurangi konsumsi alkohol.

0 Responses to “Cola Bikin Tulang Wanita Keropos”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,183 hits

%d bloggers like this: