Bau Mulut Kini Bisa Di Cegah….!!

Ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim yang ada di dunia ini. Selain memberikan nikmat rohani, puasa juga bisa memberikan nikmat jasmani.

Dengan berpuasa, pola makan kita yang biasa tidak teratur kini bisa menjadi lebih teratur. Karna kita makan hanya dua kali sehari, yakni pada saat sahur dan berbuka puasa. Selain itu, organ-organ tubuh kita yang selama hampir satu tahun bekerja ekstra keras juga seolah mendapat waktu beristirahat.

Jadi racun-racun atau toksin yang berada di usus, ginjal, kandung kemih, paru-paru serta kulit kita akan hilang. Tidak heran bila setelah puasa tubuh kita akan terasa lebih fit dari biasanya.

Ga’ terasa sudah hampir seminggu kita melaksanakan ibadah puasa. Sahur dan buka puasa ga’ lengkap rasanya kalau sahur ga’ minum teh manis hangat atau berbuka puasa makan kolak atau sirup yang duingiiiiinnya bisa nylesss di tenggorokan.

Tapi ada satu hal yang membuat kita ga’ PD (percaya diri) yaitu bau mulut. Apalagi kita sehari-harinya beraktivitas dan berkomunikasi dengan orang lain secara intensif. bisa mengurangi rasa percaya diri, ga’ hanya itu bau mulut ternyata bisa menjadi pertanda di dalam tubuh kita sedang mengalami gangguan kesehatan.

Saat berpuasa, tidak ada makanan atau minuman yang masuk kedalam mulut kita, sehingga mulut dalam keadaan kosong dan istirahat dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan keadaan ini juga bisa menyebabkan bau mulut.

Oleh sebab itu di bulan puasa ini sebaiknya kita memberi perhatian khusus untuk kebersihan dan kesehatan area mulut kita. minimal menjaganya supaya tidak mengeluarkan bau mulut yang tidak sedap selama kita menjalankan ibadah puasa yang penuh rahmat ini.

Berikut beberapa cara efektif mengatasi bau mulut yang tak sedap:
Menggosok gigi setelah sahur, berbuka puasa dan hendak tidur
Umumnya orang menggosok gigi hanya butuh waktu 30 detik saja, padahal waktu tersebut itu tak cukup untuk menghilangkan seluruh sisa makanan di sela gigi. Idealnya kita memerlukan waktu 2 menit untuk membersikan ke 32 gigi kita.
Gunakan Dental Floss (benang untuk pembersih gigi) tapi banyak yang menggantinya dengan tusuk gigi.
Bersikan mulut dan gigi dengan cairan kumur
Menggosok gigi hanya membersikan 25 persen dari rongga mulut. Untuk menjangkau bagian rongga mulut yang lain gunakanlah cairan kumur terutama yang mengandung esensial oil. Kandungan esensial oil di dalam obat kumur dapat membunuh kuman penyebab bau mulut
Kurangi makanan manis menjelang tidur dan perbanyak asupan berserat
Makanan manis cenderung gampang menempel di gigi yang akhirnya menimbulkan karang gigi. Sedangkan makanan yang banyak mengandung serat ternyata tidak hanya sanggup memperlancar pencernaan, beberapa buah seperti bangkuang, dan semangka memiliki sifat pembersih dalam perut sehingga mengeluarkan sisa-sisa makanan.
Perbanyak konsumsi sayuran dan buah dapat memperbaiki ekologi usus akan menjadi baik dan sehat
Hentikan kebiasaan merokok
Bukan hanya alasan kesehatan tubuh, kebiasaan merokok juga berpotensi menimbulkan kelainan dalam rongga mulutm yakni pada gigi, gusi, lidah, hingga rongga mulut. Banyak penelitian menyebutkan jika jumlah karang gigi pada perokokcenderung lebih banyak di bandingkan dengan yang tidak merokok.

Mudah-mudahan tips berikut bisa bermanfaat untuk kita semua. Selamat menjalankan ibadah puasa semoga di bulan yang penuh rahmat ini, kita bisa mendapatkan hidayah serta ampunan dari Allah SWT. Amien……….🙂

Sumber: Tabloid Nyata edisi 1890 / III September 2007

0 Responses to “Bau Mulut Kini Bisa Di Cegah….!!”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: