Bagaimana Membantu Orang yang Mulai Hilang Ingatan?

Ini pertanyaan dari seseorang dari milis ‘health talk’. Aku sengaja tidak menyebutkan sumber penulis, untuk yang ingin membantu bisa japri ke emailku:

Saya ingin menanyakan tentang seorang wanita berusia 74 tahun pikun dengan perilaku yg tdk normal (membuat orang sekelilingnya tidak nyaman) ……………apakah itu sebuah penyakit ?

Dimanakah klinik untuk pengobatan tersebut kalo ada ?(utk JKT,SURABAYA)

Mohon japri, sebab saya membutuhkan informasi ini. Terima kasih sebelumnya.

Sebenarnya kejadian tersebut pernah hampir terjadi terhadap kedua orang tuaku. Mama sempat terkena stroke ringan dan mengakibatkan hilangnya sebagian ingatannya. Awal-awal dalam masa penyembuhan stroke ini, mama selalu keliru menyebutkan sesuatu keinginan. Seperti ingin ‘minum teh’, beliau bisa menyebutkan ‘matikan kipas angin’. Hal ini menyebabkan frustasi pada kedua belah pihak. Beliau bingung, mengapa kami tidak mengerti dan kami bingung sebenarnya kemauan beliau apa.

Akhirnya kami yang mencoba menebak dan mengerti apa maunya. Salah satu cara dengan menunjukan barang-barang atau melakukan apa yang dia katakan. Jika belum ketemu yang dimaksud, perlahan-lahan kami akan mengurusi keinginannya.

Sekarang dia semakin sadar. Kalau kami bilang ‘kayanya salah ngomong ya’, maka beliau akan terdiam sejenak, mengingat-ingat sampai ketemu. Sejalan waktu keadaan semakin baik.

Sebenarnya apa yang terjadi pada beliau, bukan hanya karena stroke saja, tapi telah kehilangan metabolisme dalam tubuhnya. Dalam kasus mama, setelah di observasi, beliau telah kekurangan kalsium sehingga keadaannya drop.

Penyembuhannya, kami rajin membawa beliau ke dokter dan check-up. Yang bisa mempercepat juga dengan melakukan fisioterapi. Hal lain adalah keluarga harus menunjang untuk mengajak beliau berbicara, membantu mengingat sesuatu, bahkan sengaja menyuruh beliau menceritakan apa yang dilakukan sepanjang hari selama kami tidak dirumah.

Aku sendiri tidak tau apa ada institusi khusus untuk melakukan hal itu. Jika ada, teman-teman wikimu bisa bantu teman kita yang berada di milis heatlh talk itu.

1 Response to “Bagaimana Membantu Orang yang Mulai Hilang Ingatan?”


  1. 1 Rika February 4, 2010 at 9:39 am

    Hallo … Salam kenal,
    apa kabar? bagaimana kondisi mama kamu saat ini.

    Tolong dishare yaa pengalaman lainnya dalam membantu mengembalikan ingatan-nya.
    Saya mempunyai kakak, lk, 38 th. Beberapa hari terakhir seperti orang linglung, dan saat ini sama seperti kondisi mama kamu,… ‘ngga nyambung’.
    Diagnosa sementara dokter-nya, stroke ringan, dan masih diperiksa penyebabnya. Saat ini kami sekeluarga sedang mencari dan mengumpulkan info mengenai hal ini.

    Terimakasih sebelumnya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: