ASI Tak Membuat Bayi Lebih Cerdas

Selama hampir 80 tahun para peneliti, juga orang tua, beranggapan bahwa anak-anak yang memperoleh ASI memiliki IQ lebih tinggi daripada anak-anak yang mendapat susu formula atau susu sapi. Dengan kata lain, ASI mempengaruhi tingkat kecerdasan.

Namun, sebuah studi terbaru yang dipublikasikan di situs British Medical Journal, 4 Oktober 2006, menunjukkan bahwa penyebabnya sebetulnya sederhana: bayi yang mendapat ASI bisa lebih cerdas karena ibunya lebih pintar. Pendidikan yang lebih tinggi dan rangsangan lingkungan rumah juga sangat berpengaruh terhadap kecerdasan bayi.

Kesimpulan itu didapat setelah para peneliti di Dewan Riset Medis dan Universitas Edinburgh, menganalisis data 5.475 anak dan 3,161 ibu di Amerika, digabungkan dengan studi jangka panjang tentang remaja di Amerika sejak 1979. Pada penelitian itu, para ilmuwan meneliti beberapa faktor, termasuk apakah seorang anak mendapat ASI, lingkungan rumah, status sosial dan ekonomi, kecerdasan ibu, ras, dan tingkat pendidikan.

Hasil studi itu memperlihatkan bahwa pemberian ASI hanya mempengaruhi kecerdasan anak-anak yang diisolasi. Namun, begitu faktor lain seperti kecerdasan ibu, lingkungan rumah, dan IQ ikut diperhitungkan, ternyata ASI hanya memberi tambahan setengah angka pada kecerdasan anak.

Para peneliti menganggap perbedaan itu terlalu kecil untuk dianggap signifikan. “Nyaris tak ada artinya,” kata Geoff Der, pakar statistik dari Dewan Riset Medis yang memimpin penelitian itu.

Faktor lain, seperti kecerdasan lingkungan rumah, status sosial dan ekonomi, kecerdasan ibu, ras, dan tingkat pendidikan, memberi sumbangan yang lebih besar pada tingkat kecerdasan anak.

Jadi, seandainya seorang anak hanya mendapat susu formula, namun diasuh oleh ibu yang pintar, dalam rumah yang memberi banyak rangsangan, dibesarkan dalam kehidupan ekonomi dan sosial yang baik, kemungkinan besar anak tersebut juga bisa lebih cerdas.

0 Responses to “ASI Tak Membuat Bayi Lebih Cerdas”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: