Apakah Reflexology itu Berbahaya?

Seorang teman mengingatkan kepada saya agar berhati – hati bila melakukan reflexology. Takutnya… bukan menyembuhkan tetapi malah cedera yang diperoleh. Seorang terapis reflexology harus mengenal dan benar – benar paham dengan titik – titik saraf pada kaki dan tangan. Jadi tidak hanya asal memijat dengan tenaga yang kuat karena dalam reflexology ini, yang disentuh hanyalah titik – titik saraf jadi tidak perlu menggunakan kekuatan.

Ada baiknya kita sebagai pengguna jasa juga harus memiliki pengetahuan seputar reflexology ini. Hal ini untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan. Ada beberapa hal yang sedikitnya perlu diketahui sebelum melakukan reflexology, antara lain :

Apakah reflexology itu?

Reflexology adalah pengaplikasian tekanan dan gerakan seperti memijat pada saraf – saraf kaki dan tangan, yang saling berhubungan dengan bagian – bagian tubuh. Dengan hanya melakukan pemijatan pada kaki dan tangan dapat diketahui ada atau tidak adanya gangguan pada organ tubuh kita..dengan reflexology juga dapat membantu untuk meminimalkan bahkan menghilangkan gangguan tersebut.

Bagaimanakah cara kerja reflexology itu?

Ada banyak teori mengenai reflexology ini, kebanyakan pendekatan yang dilakukan adalah dengan penelusuran saraf – saraf yang terdapat pada kaki maupun tangan. Sehingga yang dipijat hanyalah titik – titik saraf saja. Saraf – saraf tersebut terhubung dengan otak sehingga bila terdapat gangguan maka secara otomatis kita akan meringis kesakitan sebagai respons pengiriman data dari otak. Pemijatan titik – titik saraf dilakukan dengan gerakan yang berirama dan teratur.

Di bagian manakah reflexology dilakukan?

Jumlah saraf di kaki dan tangan hampir sama banyaknya, sehingga pada umumnya pengaplikasian reflexology dapat di kaki atau tangan. Ada juga yang melakukannya di bagian luar telinga dengan teknik akupuntur.

Apakah manfaat dari reflexology?

Pada umumnya reflexology dapat membantu mengurangi ketegangan pada saraf – saraf tubuh, reflexology juga dapat mengurangi rasa sakit atau menyembuhkan penyakit, reflexology juga dapat dijadikan alternatif pengobatan tetapi tetap harus dengan advise dokter ahli..apakah dengan reflexology dapat berdampak positif atau negatif pada penyakit yang dideritanya.

Kapan reflexology diperlukan?

Reflexology dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja, tidak harus ke salon atau tempat reflexology..bahkan kita sendiri-pun dapat melakukannya asalkan kita sudah paham betul dengan cara kerjanya. Kita juga dapat melakukan reflexology sambil mengerjakan aktivitas yang lain. Contoh sederhana, luruskan kaki kita di bawah meja atau melakukan gerakan – gerakan kecil seperti mengenggam dan kemudian lepaskan…lakukan berulang – ulang..intinya adalah pelemasan otot – otot yang tegang. Lakukan 5 menit setiap harinya asalkan berkelanjutan akan memberikan hasil yang optimal daripada melakukannya 1 jam tetapi hanya sekali.

Bagaimana caranya mempelajari reflexology?

Banyak buku tentang reflexology yang dapat dijadikan penuntun anda untuk mengenal dan melakukan reflexology sendiri antara lain Hand and Foot Reflexology ( A self help guide ), Parents Guide to reflexology, Complete guide to foot reflexology ( direvisi thn 1993 ), dan masih banyak lagi.

Siapa saja yang melakukan reflexology?

Para terapis, dokter dan perawat karena Reflexology sekarang sudah banyak diterapkan di berbagai Rumah sakit..di mana dunia medis dan reflexology saling mendukung dan berhubungan satu sama lain.

OK, Friend..semoga bermanfaat ya..

0 Responses to “Apakah Reflexology itu Berbahaya?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: