Tidak Semua Limbah Beracun Itu Tidak Berguna

Pencemaran lingkungan yang sering terjadi dinegara – negara berkembang lebih banyak dikarenakan limbah – limbah dari hasil akhir produksi yang tidak dapat dikelolah dengan baik. Kini dunia tehnologi telah menemukan terobosan baru untuk memanfaatkan limbah beracun tersebut salah satunya dari limbah beracun yang dihasilkan oleh penambangan batubara dan logam.

Limbah beracun tersebut kemudian diuraikan menjadi komponen – komponen kimia yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan sumber energi yaitu LISTRIK. Para Peneliti tersebut kemudian mengembangkan tehnologi baru ini di Universitas Negri Pennsylyania AS. Namun ternyata tidak semua limbah kimia tersebut dapat diolah seperti halnya Limbah kimia tambang yang mengandung bahan logam seperti arsen, besi, tembaga, timbal, atau cadmium, saat ini masih dibiarkan karena pengolahannya masih sulit dan mahal.

Para Peneliti tersebut melakukan percobaan dengan Prototip alat yang dikembangkan diuji coba pada larutan besi yang mirip dengan kandungan limbah tambang. Hasilnya, besi yang terlarut mengendap dan reaksinya melepaskan elektron-elektron. Artinya, alat ini berfungsi memisahkan besi dari cairan yang melarutkannya sekaligus menghasilkan listrik.

Namun, alat tersebut hanya mampu menghasilkan listrik yang lemah. Perangkat sebesar peti es hanya bisa menyalakan sebuah lampu pijar kecil. Para peneliti berharap dapat meningkatkan kekuatan energi listriknya sehingga ongkos produksi berbanding hasilnya lebih ekonomis.

Yup, memang masih dibutuhkan beberapa tahapan dan penelitian lanjutan tentang energi listrik ini. Selain itu para peneliti tersebut juga masih harus bekerja keras untuk dapat memisahkan beberapa komponen yang masih sulit untuk diolah seperti tersebut diatas. Namun setidaknya terobosan ini telah membawa titik cerah dan langkah baru untuk lebih memperhatikan masalah lingkungan. Agar perkembangan tehnologi dapat berjalan beriringan dengan lingkungan. Tentunya dengan terus menjaga kelestarian lingkungan bukan sebaliknya.

Sumber : Kompas, 27 Desember 2007

0 Responses to “Tidak Semua Limbah Beracun Itu Tidak Berguna”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,183 hits

%d bloggers like this: