Selamatkan Hutan dengan CetakanTimbal-balik

Global warming mengancam dunia kita. Es kutub mencair membuat sebagian daratan terendam, bumi semakin hot, hujan dan panas semakin tidak menentu gilirannya, puting beliung makin sering aja mampir bikin orang miskin tambah miskin, apalagi ditambah dengan bahaya banjir. Tapi kita yang bekerja di kantor kok sepertinya tidak ada yang peduli. Kita bisa berpartisipasi dan peduli terhadap global warming tersebut yaitu dengan “ngeprint timbal balik” alias mencetak dokumen bolak-balik.

Banyak mungkin yang tidak tahu apa yang harus diperbuat untuk mencegah global warming. Bagi pekerja kantoran, kita bisa melakukannya dengan meghemat pemakaian kertas. Dengan menghemat kertas maka kayu sebagai bahan baku utama kertas secara tidak langsung juga bisa dihemat sehingga laju pengrusakan hutan pun otomatis semakin kecil. Hutan kembali menghijau dan mampu memproduksi oksigen yang sangat bermanfaat bagi manusia sekaligus menyerap karbon yang berbahaya bagi lingkungan hidup.

Saya perhatikan di mana-mana kayaknya kurang menerapkan kebijakan yang pro lingkungan. Padahal banyak sekali hal-hal kecil tapi kalau massal dilakukan bisa dahsyat hasilnya. Banyak hal yang bisa kita terapkan di kantor untuk mencegah kerusakan lingkungan. Misalnya mencetak dokumen dengan menyetel printer ke mode economic atau membiasakan mengeset komputer ke posisi stand by jika kita tinggalkan dalam jangka waktu lama.

Dengan “ngeprint timbal balik” alias mencetak dokumen bolak-balik kita bisa menghemat setengah dari jumlah kertas yang dibutuhkan dibanding mencetak pada satu sisi saja. Jika biasanya habis 100 rem kertas, bisa ditekan pengeluaran sehingga tinggal 50 rem saja. Banyak orang yang beranggapan cetakan timbal-balik bikin capek (karena gaptek) dan kurang sopan jika dikirim ke orang lain. Saya pernah dengar cerita, Mahatma Gandhi selalu menggunakan kertas timbal balik jika dia ingin menulis.

Saya mau berbagi sedikit tip untuk mencetak dokumen timbal balik. Mungkin saja setiap jenis printer memiliki penempatan menu yang berbeda. Klik tombol [Properties] lalu cari yang ada menu timbal-balik atau Print on both side. Bagi yang printer biasa maka harus melakukan secara manual. Pada menu print klik di Tab “Print”. Pilih “Odd pages” untuk halaman ganjil. Setelah pencetakan pertama selesai, Anda balik kertas kemudian dengan langkah yang sama pilih “Even pages” untuk halaman genap. Artinya halaman ganjil tercetak di muka dan halaman genap tercetak di belakangnya. Selamat mencoba, anda pasti bisa..

http://www.mnizar.multiply.com

1 Response to “Selamatkan Hutan dengan CetakanTimbal-balik”


  1. 1 c1p1 c1c1 November 29, 2008 at 10:37 am

    wah…thanks banget bro tutorialnya…mungkin lebih bagus klo ada screen shootnya…agar pembaca lebih mengerti…


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: