Punyakah Teman di Luar Sana?

Bagi para pengamat dan pemuja langit, pertanyaan di atas adalah sebuah misteri yang terus menerus berkumandang sepanjang zaman. Baik yang kelompok ilmiah maupun kaum yang percaya, selalu dihantui pertanyaan di atas.

Hari Sabtu kemarin (23 Juni 2007) aku mengikuti diskusi dwi mingguan Himpunan Astronomi Amatir Jakarta (HAAJ) di planetarium, Taman Ismail Marzuki – Jakarta. Diskusi kali ini mengangkat topik “Mencari Kehidupan di Alam Semesta” yang dibawakan oleh pendiri HAAJ sendiri, yaitu Bapak HM. Djuhana Widjajakusumah

Tentu saja karena ini kelompok ilmiah, maka pembahasannya pun ilmiah. Seperti juga ilmu pengetahuan lain, maka astronomi pun berangkat dari hipotesa dan “ketidakpercayaan” sehingga membutuhkan pembuktian. Akan lain bedanya dengan kelompok non-ilmiah, yang mempercayai adanya makhluk luar angkasa. Menurut Pak Djuhana, di Jakarta ini ada juga lho komunitas yang mempercayai adanya mahkluk luar angkasa ini. Selain Jakarta, di kota lain juga hidup komunitas yang sama, di Surabaya dan Bandung.

Kembali ke soal astronomi, para pengamat langit ini terus menerus mencoba membuat kontak dengan dunia di luar angkasa, entah lewat pengamatan teleskop, teleskop gelombang radio maupun pengiriman satelit. Dalam pencarian ilmiah tersebut, yang dicari adalah ‘sidik jari’ kehidupan.

Sejauh yang dapat aku pahami dari diskusi ini, apa yang dimaksud dengan sidik jari kehidupan adalah lingkungan yang memungkinkan terjadinya kehidupan makhluk hidup yang kompleks, bukan makhluk hidup primitif. Makhluk hidup primitif di sini adalah seperti mikro organisme. Mereka ini dapat hidup dalam lingkungan yang ekstrem, seperti yang sudah ditemukan adanya organisme di dalam perut Bumi yang panas.

Namun proyek pencarian kehidupan lain di luar Bumi atau yang biasa disebut SETI (Search for Extra-Terrestrial Intelligence) yang dicari adalah makhluk hidup yang kompleks, seperti manusia, tumbuhan, hewan. Nah, sebuah ruang yang memenuhi syarat untuk kehidupan makhluk (hidup) kompleks, paling mesti mempunyai 2 zat kimia yaitu CH4 (metana) dan H2O (air). Ada penjelasan yang ilmiahnya mengapa kehidupan mesti berasal dari CH4 dan H20, namun tidak akan dibahas di sini.

Dalam sistem tata surya kita, Bumi adalah planet yang subur karena banyak mengandung kedua zat di atas, sehingga cukup menopang kehidupan. Ketujuh planet yang lain dalam keluar tata surya kita, tidak ada yang mempunyai kandungan air dan metana sesubur di bumi. Venus adalah planet yang penuh / dominan dengan CO2, sehingga menimbulkan efek rumah kaca. Dan suhunya menjadi panas sekali, bahkan lebih panas daripada Merkurius yang lebih dekat dengan matahari.

Namun ada sebuah satelit di planet Saturnus, yaitu Titan yang memiliki atmofsir mirip di bumi, yaitu mengandung CH4 dan H2O yang seimbang. Banyak ahli astronomi berharap dapat menemukan jejak -jejak kehidupan di sana. Walau sampai sekarang belum terbukti. Ada sebuah pesawat tak berawak , kalau tidak salah Galileo , yang pernah meneliti Titan, bulan dari planet Saturnus ini.

Dugaan akan adanya makhluk hidup lain di luar Bumi, menurut Pak Djuhana, didasari perhitungan sebagai berikut : Matahari sebagai pusat tata surya kita, adalah bagian dari sebuha Galaksi yang bernama Milky Way atau dalam istilah Indonesia adalah Bimasakti. Nah, dalam galaksi Bimasakti ini ada sekitar 200 milyar bintang sepeti matahari. Sementara jumlah galaksi di alam semesta ini diperkirakan ada 100 milyar. Maka kurang lebih ada 20.000 juta trilyun bintang di dunia ini.

Nah, dari sekian banyak bintang (dengan 22 nol lho), apakah hanya Matahari saja yang mempunyai Bumi beserta kehidupannya? Tidak adakah satupun yang mirip dengan Bumi?

Ada makhluk lain di luar sana? Kodrat manusia yang selalu ingin tahu, akan terus menerus mencari dan menyapa kehidupan di luar…

0 Responses to “Punyakah Teman di Luar Sana?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: