Mengolah Air Minum Mudah dan Murah

Bagaimana kamu mendapatkan air untuk minum? untuk mandi? Dan untuk keseharian kamu? Apakah kamu mendapatkan air dari kran di kamar mandi kamu? Atau dari sumur? Atau dari sungai?, Atau kamu seperti teman-teman kamu yang berada di daerah sulit air yang harus berjalan puluhan kilometer untuk mendapatkan air bersih?

Air adalah sumber kehidupan yang utama bagi kehidupan kita, bumi kita ini 2/3 bagiannya terdiri dari air, namun hanya sebagian kecil (3%) terdiri dari air tawar. Masih banyak penduduk di muka bumi kita ini kesulitan mendapat akses air bersih.

Kemudian orang mulai mencari cara bagaimana mendapatkan air bersih yang murah, mudah dan sehat untuk di minum.

Salah satunya adalah dengan cara mengunakan sinar matahari. Teknologi bernama SODIS (Solar Water Desinfection) dikembangkan di Swiss, sebagai langkah kepedulian terhadap kesulitan mendapatkan air bersih di daerah berkembang, teknologi ini disebarluaskan di Indonesia oleh Yayasan Dian Desa .

Prinsip SODIS adalah, menjemur air mentah dalam wadap transparan selama beberpa jam (6 jam) agar panas yang dihasilkan bersama-sama dengan ultraviolet matahari, membunuh bakteri dalam air. Selanjutnya air dapat langsung di minum tanpa harus direbus dahulu.

Namun cara ini memiliki keterbatasan, yaitu air yang digunakan tidak boleh tercemar secara kimiawi, tidak dapat menggunakan wadah yang besar (lebih besar dari botol minuman kemasan), dan keberhasilannya tergantung juga pada kekeruhan air.

Coba deh di rumah, atau di sekolah kamu, siapkan botol-botol bening bekas air minum dalam kemasan, cuci, lalu isi dengan air mentah. Kemudian jemur selama seharian dalam terik matahari, dan setelahnya kamu dapat langsung meminumnya. Segarrr.***

Sumber: b0cah.org — http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=265&Itemid=40

0 Responses to “Mengolah Air Minum Mudah dan Murah”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: