Fenomena Mengambang Akustika yang Menakjubkan

 newsimage9.jpeg

Baru-baru ini ilmuwan dari Universitas Industri barat laut China berhasil mengangkat binatang kecil ke tengah udara dengan akustika. Beberapa waktu lalu, peneliti dari Univesitas ini telah berhasil menggunakan gelombang ultrasonic mengangkat logam berat bentuk tetes dan zat cair, misalnya iridium dan air raksa. Tujuan kerja mereka adalah meneliti bagaimana menyenyawakan obat-obatan dan reagen kimia tanpa bantuan wadah. Sebab tidak sedikit dalam keadaan tertentu sifat korosif obat-obatan terhadap wadah sangat keras atau akan terjadi reaksi dengan wadah.

Terlintas dalam benak peneliti Xie Wenjun (samaran) sebuah soal yang menarik: “Bagaimana jika binatang kecil di taruh dalam medan suara, apa akan tetap mengambang ?”

Xie Wenjun dan para sejawatnya memakai sebuah alat peluncur gelombang ultrasonik dan alat pemantul, sehingga diantara keduanya menjadi sebuah medan tekanan gelombang suara, alat peluncur ini dapat menghasilkan gelombang akustik sepanjang kurang lebih 20 gelombang milimeter dan secara teoretis ini berarti bahwa gelombang akustik dapat menaikkan benda yang lebih kecil dari setengah panjang gelombang.

Ketika di uji coba, dengan hati-hati peneliti meletakkan binatang kecil diantara alat pemantul dan peluncur dengan pinset dan berhasil mengangkat serangga, kumbang, laba-laba, piaochong (semacam kumbang kecil), lebah madu, berudu dan ikan kecil. Ketika mengangkat ikan kecil dan berudu, mereka menginjeksi air ke dalam gelombang akustik melalui injector.
Setelah serangga, kumbang kecil dan sebagainya mengambang selama ½ jam, mereka tetap hidup dalam keadaan normal, tapi ikan kecil tidak seberuntung mereka, sebab kekurangan air. Xie Wenjun menuturkan : “Hasil penelitian kami mungkin akan memberi metode baru terhadap penelitian organisme, selain itu kami juga telah mencoba menginkubasi telur ikan di medan akustik.”

0 Responses to “Fenomena Mengambang Akustika yang Menakjubkan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: