Banyak Pilihan Minum Teh

Saat ini banyak pilihan minuman yang berbahan baku teh. Mulai dari teh biasa, teh hijau, teh hitam, teh melati dan sebagainya. Minuman ini marak dijajakan dalam berbagai nama, berbagai kemasan, dan berbagai rasa.

Harganya pun beragam. Dari Rp 1.000,00 sampai puluhan ribu rupiah. Tak kalah dengan produk kesehatan yang mengusung tema alam dan tumbuhan. Kini muncul ragam teh herbal. Misalnya teh kesehatan yang terbuat dari sirih merah dengan citarasa mint. Produsen teh sirih merah mengklaim teh ini banyak mengandung khasiat bagi kesehatan tubuh.

Minum teh adalah bagian dari gaya hidup. Bagian dari budaya. Benarkah? Budaya minum teh berasal dari Cina sejak 2737 SM, yakni pada masa Kaisar Shen Nung berkuasa.

Lucu juga menyimak sejarah penemuan teh. Ia ditemukan secara tak sengaja manakala daun kering dari ranting yang dipakai untuk kayu bakar masuk ke dalam ketel air. Air seduhannya menjadi minuman baru dengan aroma dan citarasa yang khas. Selanjutnya, minuman baru ini menyebar ke segala penjuru dunia.

Hingga saat ini ada dua jenis tanaman teh. Yaitu teh Cina (Camelia Sinensis) yang berasal dari daratan Cina dan teh Assam (Camelia Assamica) yang berasal dari Srilanka. Sedangkan dilihat cara pemrosesannya, teh terbagi menjadi tiga, yaitu teh hijau, teh hitam, dan teh oolong (baca: ulung).

Teh hijau dihasilkan tanpa proses fermentasi. Teh oolong dihasilkan dengan menggunakan semifermentasi (fermentasi tidak sempurna). Sementara teh hitam adalah hasil fermentasi sempurna. Yang paling banyak digemari adalah teh hitam yang rasanya agak pahit. Bisa dimaklumi mengingat teh hitam berasal dari teh Assam yang mudah dibudidayakan di Indonesia. (disarikan dari berbagai sumber)

0 Responses to “Banyak Pilihan Minum Teh”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: