Misi Kesehatan

Pada saat kita jatuh sakit,
Siapa yang bisa merawat kita dengan kelembutan?
Di waktu kita menderita cacat,
Siapa yang dapat menerima kita dengan penuh keyakinan?

Organisasi TIMA (Tzu Chi International Medical Association) yang sebagai pendukung misi pengobatan telah menetapkan tempat tertentu untuk mengadakan pengobatan keliling secara rutin bagi penduduk daerah dan kepulauan yang terpencil dengan tujuan agar dapat mengoptimalkan pelayanan yang lebih baik, disamping itu, tenaga medis bersangkutan akan mengadakan pelayanan [kunjungan pemeriksaan] yang berhubungan dengan memberi perhatian ke rumah bagi keluarga yang masih dalam perawatan, pasien yang tidak leluasa berjalan dan penderita yang masuk dalam daftar penyelidikan karena absen menjalani pengobatannya. Selama ini, kegiatan memberi perhatian kepada para tuna karya dan penduduk asli di perkotaan serta terhadap pengobatan kepada para lanjut usia di Panti Jompo Ren Ai tak pernah terabaikan seharipun.

Setelah TIMA berdiri di Taiwan, langkah selanjutnya akan lebih mengarahkan pandangannya ke cakrawala mancanegara, seiring dengan adanya jalinan jodoh dan berkesempatan mengadakan bantuan bencana ke luar negeri, TIMA meluaskan cinta kasih pengobatan ke Philipina, Indonesia, Vietnam dan negara lain yang masih kekurangan dalam bidang medis dengan melaksanakan berbagai bidang pelayanan bakti pengobatan secara lengkap tidak terkecuali tindakan operasi. Hingga akhir bulan Oktober tahun 2002, TIMA telah melayani lebih dari 289.640 orang di seluruh dunia. Atas organisir TIMA, Kantor penghubung dari 17 Cabang di luar negeri telah membentuk [TIMA Tzu Chi International] yang merupakan Jaringan Pelayanan Pengobatan Sedunia yang Sistematis untuk mewujudkan konsep [Cinta Kasih Tanpa Batas Negara].

Pusat Poliklinik Dan Bakti Pengobatan Sosial Di Indonesia: Insan Tzu Chi Indonesia sedari tahun 1995 bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang untuk memberikan bantuan obat-obatan dan makanan nutrisi secara jangka panjang kepada pasien pengidap tuberkulosis, dan telah berhasil menyembuhkan 80% dari pasien penderita penyakit tersebut. Semenjak dimulainya mengadakan baksos pengobatan berskala besar di Indonesia pada bulan Maret 1999, TIMA Tzu Chi Internasional telah mengadakan kegiatan baksos pengobatan sebanyak 12 kali hingga bulan September 2003.

Terlebih pada pengobatan baksos di Kabupaten Tangerang pada bulan April tahun 2002 yang telah melayani lebih dari 12.000 pasien, maka pada akhir bulan Agustus 2003, diresmikan Poliklinik Tzu Chi Indonesia yang dibangun dalam komplek Perumahan Cinta Kasih, dengan dilengkapi: Bagian Internis; Bedah; Anak; Kebidanan; Gigi dan Konsultasi Keluarga Berencana, lebih dari 50 orang dokter dari TIMA yang setiap hari bergilir memberikan pelayanan perawatan amal selama 12 jam, serta merencanakan akan membangun Pusat Pencucian Darah di kemudian hari.

Keterangan Gambar: Pusat Poliklinik Tzu Chi Indonesia yang dibangun di dalam komplek Perumahan Cinta Kasih menyediakan pelayanan pengobatan kepada masyarakat dengan cepat dan leluasa, serta mengadakan operasi cuma-cuma bagi penduduk miskin dan membantu mengatasi penderitaan rakyat yang telah lama tersiksa penyakit tumornya di saat ada penyelenggaraan kegiatan baksos pengobatan berskala besar.

Keterangan Gambar: Sebagian besar anak-anak yang tinggal jauh di kepulauan terpencil di Indonesia dan Philipina adalah penyandang bibir sumbing bawaan, namun mereka tidak pernah pergi berobat karena keadaan kehidupan keluarganya miskin, kebanyakan dari mereka membiarkan cacat ini terus disandang seumur hidup, maka TIMA Tzu Chi mengulurkan [Cinta Kasih Kedokteran] agar membawa harapan kehidupan baru bagi mereka.

0 Responses to “Misi Kesehatan”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Blog Stats

  • 451,463 hits

%d bloggers like this: