Bantuan Bencana Internasional

Sejak pertama kali Yayasan Tzu Chi memberikan pertolongan ke Banglades saat negara tersebut sedang dilanda banjir besar pada tahun 1991, Tzu Chi telah memulai langkah pertamanya pada jalur bantuan bencana berskala internasional, hingga kini jangkauan negara-negara atau daerah yang menerima penyaluran bantuan telah meluas di seluruh pelosok dunia, meliputi: Mongolia, Nepal, Muangthai, Kamboja, Afganistan, Korea Utara, Chechnya, Azerbaijan, Kosovo, Turki, Ethiopia, Rwanda, Ivory Coast, Papua Nugini, Kolombia, Peru, Dominika, Honduras dan Irak. Masing-masing Cabang Yayasan Tzu Chi di luar negeri bersama insan Tzu Chi pusat juga berpartisipasi dan bersumbangsih bersama-sama dengan antusias.

 

 

 

 

 

Keterangan Gambar: Peperangan yang terjadi antara Amerika – Irak membuat perbatasan Yordania menjadi garis depan insan Tzu Chi dalam menyelenggarakan bantuan kemanusiaan, gambar menunjukkan relawan Tzu Chi Yordania sedang memasang tenda di tempat penampungan pengungsi dekat perbatasan.

Tzu Chi selain menyalurkan bahan makanan, pakaian, selimut, hasil palawija dan obat-obatan yang bersifat darurat bagi negara yang tertimpa musibah, juga membantu mereka membangunkan rumah, sumber air bersih dan mengadakan bakti pengobatan.sosial. Meskipun hal-hal yang dicurahkan dalam memberikan perhatian berbeda, tetapi konsep [menghargai kehidupan] tidak pernah berubah selamanya.

Semakin menegangnya peperangan Amerika – Irak mengakibatkan pengungsi negara ketiga yang semula tinggal sementara di Irak, kini berduyun-duyun melarikan diri ke perbatasan Yordania untuk menghindari peperangan. Selama bulan April, relawan Tzu Chi berulang kali melangkahkan kaki menempuh gurun pasir gersang sejauh 300 km menuju ke tempat penampungan pengungsi untuk memberi perhatian dan penghiburan kepada pengungsi serta membagikan bahan makanan, air mineral, gula, teh, obat-obatan dan peralatan tulis kepada para pengungsi.

 

 

 

 

 

Keterangan Gambar: Demi tercapainya konsep penebaran cinta kasih, pararelawan Tzu Chi Yordania mengunjungi Panti Asuhan, Pusat Pemulihan dan Rehabilitasi Penyandang Cacat untuk memberikan perhatian pada masalah kemiskinan dan penderitaan mereka, disamping itu mereka juga datang ke tempat penampungan pengungsi Chechnya, Palestina dan desa pedalaman terpencil untuk menyalurkan bahan-bahan kebutuhan. Umat muslim di Timur Tengah menyebut insan Tzu Chi sebagai [rasul utusan Allah]. 

Dua minggu setelah peperangan Amerika – Irak secara resmi dinyatakan berakhir pada tanggal 1 Mei 2003, relawan Tzu Chi membawa 30 ton bantuan kemanusiaan Tzu Chi, bersama dengan konvoi kendaraan Hashemite yang merupakan Badan Amal terbesar di Yordania, datang ke Rumah Sakit Fallujah yang berjarak 50 km dari Baghdad (ibu kota Irak) untuk membagikan beras, Disamping itu disumbangkan juga bahan makanan kepada 337 keluarga yang mencakup 8.000 lebih pengungsi Palestina di Baghdad. Ini juga merupakan bantuan kemanusiaan non pemerintah gelombang pertama yang datang dari Taiwan yang masuk Baghdad.

Bulan Januari 2001, El Salvador di Amerika Tengah diguncang gempa bumi berskala besar, Insan Tzu Chi Amerika bertanggung-jawab untuk mengadakan penggalangan dana dan mengoordinasi pendistribusian logistik sebanyak 6 kali, bakti pengobatan sosial sebanyak 5 kali dan rehabilitasi Rumah Cinta Kasih. Perumahan Cinta Kasih Tahap I di kota Sacacoyo yang dapat menampung 340 keluarga telah selesai dibangun pada tahun 2002, merupakan sarana kediaman yang serba lengkap yang dilengkapi fasilitas-fasilitas: Pusat Komunitas, Poliklinik, Sekolah, Perpustakaan, Lapangan Sepak Bola dan Proyek Penghijauan Komunitas.

Perumahan Cinta Kasih Tahap II yang dapat menampung 835 keluarga diresmikan di kota Chanmico pada tanggal 31 Oktober 2003. Pada saat yang sama, Yayasan Tzu Chi mengadakan bakti pengobatan dan pendistribusian logistik di tempat. Presiden El Salvador menyempatkan diri hadir di tempat untuk menyampaikan rasa terima kasih atas ketulusan cinta kasih universal dari Tzu Chi dengan menamakan Perumahan Cinta Kasih yang didirikan Tzu Chi sebagai wujud keteladanan bantuan internasional yang terbaik terhadap El Salvador.

Pada hari yang sama, tokoh pemuka agama seluruh negeri, Kardinal El Salvador datang ke Perumahan Cinta Kasih menyelenggarakan Misa masal yang dihadiri puluhan ribu pengunjung dari orang yang berbeda warna kulit, berbeda agama dan berbeda bahasa, mereka bersama-sama menyaksikan pancaran sinar cinta kasih umat manusia.

 

 

 

 

 

Keterangan Gambar: Penduduk desa dengan riang pindah menempati Perumahan Cinta Kasih tahap II yang rapi dan memiliki jalan yang lebar, kendati penghidupan mereka masih menghadapi kesulitan, namun senyuman di wajah mereka yang ceria menandakan tumbuh penuh harapan untuk menatap hari depan yang cemerlang.

 

 

 

 

 

Keterangan Gambar: Kardinal memimpin misa masal yang dihadiri puluhan ribu pengunjung pada peresmian Perumahan Cinta Kasih II Tzu Chi di Chanmico.

0 Responses to “Bantuan Bencana Internasional”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

March 2008
M T W T F S S
    Apr »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 451,470 hits

%d bloggers like this: