Solusi Kaki Bengkak Saat Hamil

Bengkak kaki merupakan problem yang lazim terjadi pada wanita yang sedang berbadan dua. Wanita hamil umumnya mengalami perubahan berat badan yang signifikan. Berat badan bertambah kurang lebih 11-15 kg. Pertambahan ini otomatis akan mempengaruhi sistem tubuh secara keseluruhan.

Kaki menanggung beban tubuh yang paling berat selama hamil. Karenanya berbagai gangguan sering terjadi pada anggota tubuh ini. Salah satunya adalah kaki bengkak. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?
Bila sedang berbaring, letakkan kaki di atas tumpukan bantal kecil. Sebaiknya Anda tidak berbaring pada satu posisi. Berbaring pada posisi yang berlainan dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah.
Hindari berdiri atau duduk terlalu lama. Usahakan memperbanyak gerak agar sirkulasi darah lancar. Latihan yang baik adalah jalan kaki dan senam secara teratur.
Kenakan sepatu ber-hak rendah agar Anda tidak mudah kehilangan keseimbangan dan sikap tubuh terjaga.
Istirahat teratur. Luangkan waktu sekitar 15 menit untuk mengistirahatkan seluruh anggota tubuh serta melancarkan peredaran darah.
Perhatikan asupan makanan. Sebaiknya kurangi konsumsi garam secara berlebihan karena dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi. Jika wanita hamil terkena tekanan darah tinggi, maka otomatis kaki akan bengkak.
Manjakan Kaki. Ada dua cara untuk memanjakan kaki selama hamil, yaitu siramlah kaki dengan air dingin. Mulailah dari telapak kaki, lutut, paha hingga pantat. Kemudian lakukan penyiraman dari atas ke bawah. Ulangi gerakan tersebut selama beberapa menit sambil mengerak-gerakkan jari kaki Anda. Setelah itu rendam kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam atau jeruk nipis. Upaya memanjakan kaki lainnya adalah dengan cara memijatnya dan tekan-tekanlah telapak kaki dengan menggunakan baby oil atau baby lotion setiap pagi dan malam. Kedua cara ini efektif. mencegah kaki menjadi bengkak, juga menjaga kesehatan dan keindahan kaki Anda selama hamil.
Jika Anda mengalami pembengkakan pada pagi hari atau berat badan Anda bertambah lebih dari 1 kg setiap minggu pada pertengahan kehamilan, waspadalah. Karena ini bisa jadi merupakan tanda-tanda terjadinya keracunan kehamilan. Segera periksakan ke dokter!

About these ads

2 Responses to “Solusi Kaki Bengkak Saat Hamil”


  1. 1 nawi April 11, 2009 at 3:29 pm

    sekarang usia kehamilan saya sudah 9 bulan lebih,tetapi berat badan saya terus bertambah 1 kg setiap minggu.Di hitung dari sebelum hamil berarti berat badan saya bertambah 20 kg.

  2. 2 ginta June 17, 2009 at 12:41 pm

    kaki saya 2 bulan terakhir membengkak, umur kandungan saya hampir 9 bulan, tetapi sudah 2 hari ini pembengkakan kaki saya menyusut bahkan hampir tidak terlihat membengkak lagi.yg ingin saya tanyakan bagus apa nggak ya gejala seperti itu? bahkan payudara saya yg tadinya ikut membesar juga kembali normal. mohon jawabannya yaaa… thanks


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




IP

Jakarta

April 2008
M T W T F S S
« Mar   May »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Klik tertinggi

  • None

Blog Stats

  • 405,808 hits

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: